Belajar tentang Elektronika Daya

Elektronika daya adalah salah satu cabang ilmu elektronika yang nantinya akan banyak sekali digunakan dalam bidang penguasaan alat – alat elektronik. Ilmu ini berkaitan dengan pengolahan energi listrik yang mengubah daya listrik dari bentuk satu ke bentuk lain dengan mengendalikan tegangan arusnya menggunakan alat elektronik.

Contoh sederhananya seperti setrika. Setrika adalah alat elektronik yang mengubah tenaga listrik menjadi tenaga panas menggunakan alat elektronik tertentu yang bisa diubah – ubah kekuatannya oleh penggunanya. Tapi, sudah pasti ilmu ini memiliki aplikasi yang lebih luas daripada sekedar setrika listrik. Ilmu ini biasanya sangat dibutuhkan oleh bidang industri karena mereka banyak menggunakan alat – alat elektronik untuk menjalankan industri mereka.

Power Elektronic

Daya Elektronika

Penguasaan Elektronika Daya

Penguasaan materi elektronika daya diperoleh dengan penguasaan terhadap 4 sub materi dari ilmu tersebut. Yang pertama adalah ilmu sistem elektronika. Ilmu ini berisi tentang dasar aplikasi ilmu elektronika daya. Sistem elektronika membahas tentang peralatan dalam rangkaian elektronika analog dan digital. Ilmu ini juga membahas tentang perakitan dasar peralatan elektronika untuk menghasilkan suatu rangkaian elektronika yang berfungsi.

Yang kedua adalah ilmu sistem tenaga listrik. Ilmu sistem tenaga listrik membahas tentang besarnya tenaga listrik dalam suatu alat elektronik, baik yang dibutuhkan maupun yang dihasilkan. Ilmu ini sangat penting untuk pemahaman elektronika daya karena dalam prakteknya nanti ilmu ini akan berhubungan dengan alat – alat yang memiliki kekuatan tenaga listrik yang beragam mulai dari yang kecil hingga yang berkekuatan besar.

Pengusaaan sub materi

Ilmu Sistem Kontrol

Penguasaan sub materi yang berikutnya adalah ilmu sistem kontrol. Ilmu ini membahas tentang kemampuan untuk mengontrol atau memanipulasi kekuatan apapun yang dihasilkan oleh alat elektronika. Biasanya kemampuan ini dibutuhkan saat pengontrolan alat elektronika berat yang digunakan di dalam proses industri seperti mesin dan panel kontrol.

Ilmu keempat yang harus dikuasai adalah ilmu sistem komputer. Sistem komputer juga sangat dibutuhkan untuk aplikasi elektronika daya karena pada jaman sekarang hampir segala sesuatu yang bersifat elektronik dikendalikan secara remote oleh sistem komputer, terutama pada proses industri. Karena itu, untuk menguasai ilmu elektronika daya, kita harus juga menguasai sistem komputer yang kemungkinan besar akan turut andil dalam praktek nyata ilmu ini.