Cara Kerja Kapasitor

Cara Kerja Kapasitor tidaklah serumit yang mungkin ada di bayangan anda. Cara kerja kapasitor sebenarnya dapat dipelajari dengan mudah kalau anda mau membaca. Cara kerja dari sebuah kapasitor dapat dibedakan berdasarkan jenis kapasitornya. Kapasitor sendiri terdiri dari beberapa macam jenis. Ada kapasitor keramik, kertas, variabel, polister, dan kapasitor elektrolit. Pada setiap masing-masing kapasitor, memiliki fungsi yang sama. Fungsi dari kapasitor sendiri adalah sebagai pengatur dan juag penyimpan muatan listrik untuk dalam kurun waktu tertentu. Dan terdiri dari dua konduktor yang sengaja dipisahkan oleh bahan penyekat atau bahan dielektrik. Kapasitor juga kerap kali disebut sebagai kondensator.

Cara Kerja Kapasitor

Contoh Gambar Cara Kerja Kapasitor

Untuk kapasitor variabel, dinamakan sebagai kapasitor variabel karena ketika luas permukaan yang berhadapan dibuat variabel, maka kapasitas dari kapasitor tersebut akan variabel dapat berubah-ubah. Cara kerja kapasitor variabel yakni sebagai komponen yang menyimpan dan mengatur muatan listrik yang terdiri dari dua lempengan ang sejajar, yang salah satunya merupakan dielektrik. Dielektrik tersebut memiliki fungsi untuk membantu memperbesar kapasitansi dari sebuah kapasitor. Kapasitor variabel sendiri dibedakan menjadi dua jenis. Yang pertama bernama variabel capacitor (varco) yang menggunakan udara sebagai inti. Yang kedua ada dioda varaktor. Varaktor merupakan dioda yang sengaja dipasang terbalik dan dapat mengubah kapasitasn dengan memberikan tegangan reverse pada ujung dari bagian anoda dan katodanya.

Sesuai dengan namanya yang variabel, kapasitor variabel memiliki konstruksi atau struktur yang terdiri dari beberapa lempengan dengan bentuk setengah lingkaran. Pada masing-masing lempengan tersebut diberikan poros sehingga bisa diputar berhadapan dari satu lempeng setenga lingkaran ke lempeng setengah lingkaran lainnya. Kemudian, perlu diketahui juga bahwa kedua lempengan tersebut tidak bisa menempel satu sama lainnya. Ini karena, biasanya menggunakan bahan plastik atau bahan isolasi sebagai bahan dari elektrik. Kapasitor variabel biasanya digunakan untuk tuning radio.

Selain kapasitor variabel masih ada banyak lagi jenis variabel dan cara kerjanya yang berbeda-beda. Sekian dahulu bahasan mengenai cara kerja kapasitor ini, semoga dapat berguna bagi anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Jenis-Jenis Kapasitor, Kapasitor Bank dan Pengertian Kapasitor.

Leave a Reply