Cara Menghitung Resistor

Cara Menghitung Resistor akan sangat penting bagi anda yang berkecimpung dalam dunia elektronika. Tentunya anda harus mengetahui bagaimana cara untuk menghitung nilai dari sebuah resistor. Resistor sendiri merupakan salah satu komponen elektronika yang berfungsi sebagai salah satu penghambat listrik. Resistor memiliki sifat pasif dimana komponen tersebut tidak memerlukan aliran listrik untuk bekerja. Untuk menghambat listrik, maka resistor juga memiliki fungsi untuk menurunkan dan membagi tegangan. Dan juga sebagai pembatas atau pengatur arus listrik. Resistor dilambangkan dengan R dan memiliki satuah ohm. Resistor dapat dihitung untuk menentukan nilai resistor itu sendiri. Untuk menentukan nilai resistor, anda dapat melihat warna gelang yang terdapat pada badan resistor tersebut. Beberapa jenis resistor didasakan pada jumlah gelang yang terdapat pada badan resistor. Kebanyakan jenis resistor yang dipakai adalah resistor yang memilii 4 sampai 5 gelang.

Untuk cara menghitung resistor empat sampai dengan lima gelang terhitung gampang. Untuk resistor yang memiliki 4 gelang, gelang pertama dan kedua adalah angka digit. Gelang nomor tiga merupakan multiplier. Sedangkan untuk gelang nomor empat merupakan nilai toleransi. Simpel dan tidak rumit. Sedangkan cara menghitung resistor yang memiliki total 5 gelang adalah, gelang pertama, kedua, dan ketiga kita artikan sebagai angka digit. Lalu, untuk gelang keempat merupakan nilai multiplier. Sedangkan nilai toleransi, nilai tersebut terdapat pada gelang yang kelima. Untuk resistor lainnya yang memiliki enam gelang, nilai angka digit terdapat pada gelang kesatu hingga ketiga. Untuk nilai multipliernya ada pada gelang ke empat. Sedangkan untuk gelang kelima, memiliki sebuah nilai toleransi dan dilanjutkan dengan gelang nomor enak yang memiliki nilai dari koefisien suhu.

Contoh Gambar Cara Menghitung Resistor

Cara Menghitung Resistor

Berikut ini salah satu contoh dari cara menghitung resistor yang memiliki empat buah gelang. Dengan urutan gelang merah, hitam, merah, dan terakhir gelang emas. Posisi gelang merah pada urutan pertama mengandung angka digit 2, hitam 0, merah untuk urutan ketiga memiliki nilai multiplier 102, dan emas memiliki nilai toleransi 5%. Menilik dari data di atas maka bisa dipastikan cara penghitungan yang paling tepat adalah 20 dikalikan 102 sehingga menghasilkan angka 2000 Ω yang berarti 2 K Ω ± 5 %.

Demikianlah cara menghitung resistor yang ternyata tidak sulit dan bisa dilakukan oleh banyak orang, semoga artikel ini dapat membantu anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Cara Kerja Transistor, Fungsi Transistor dan Pengertian Transistor.

No Responses

  1. Pingback: Kode Warna Resistor | Rangkaian Elektronika September 29, 2014

Leave a Reply