Dioda Bridge

Dioda Bridge pasti menjadi salah satu istilah yang akan anda sering dengar ketika anda menekuni bidang elektronika. Ketika akan membahas dioda bridge pasti tidak akan jauh dari dioda itu sendiri. Karena dioda bridge merupakan bagian dari jenis-jenis dioda. Bagi anda orang awam yang belum tahu, dioda adalah salah satu komponen elektronika yang sering dijumpai dan digunakan pada kapasitor dan juga resistor. Sehingga secara sederhana, dioda dapat disimulasikan sebagai sebuah katup. Dimana ketika katup tersebut terbuka, maka air yang mengalir dibelakang katup akan menuju kedepan. Kemudian ketika katup menutup, maka ada doraongan aliran air dari arah ke depan katup.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dioda bridge merupakan bagian dari jenis-jenis dioda. Dioda bridge memiliki pengertian sebagai sebuah rangkaian yang digunakan untuk menyerahkan arus dari AC ke DC. Supaya bisa membuat dioda bridge dengan benar, kita perlu mengerti dan memahami jenis dioda yang akan digunakan. Elemen dioda berasal dari dua kata, yakni elektroda dan katoda. Dioda sendiri memiliki simbol khusus. Yakni anak panah dengan garis melintang pada ujungnya. Alasan dari pembuatan simbol tersebut adalah karena hal tersebut sesuai dengan prinsip kerja dari dioda. Anoda biasa kita temukan di pangkal atau ujung anak panah, sedangkan katoda yang merupakan bagian negatif terdapat pada bagian ujung dari anak panah tersebut.

Contoh Gambar Dioda Bridge

Dioda Bridge

Dioda bridge juga dikenal sebagai dioda silikon. Dioda silikon ini dirangkaikan menjadi suatu jembatan (bridge) dan dikemas menjadi suatu kesatuan komponen. Dioda bridge kemudian digunakan menjadi penyearah pada power suplly. Jembatan dioda sendiri merupakan sebuah gabungn dari empat atau lebih dioda yang membentuk sebuah jembatan konfigurasi. Jembatan tersebut menyediakan polaritas output dan polaritas input ketika digunakan dalam sebuah aplikasi yang umum konversi dari arus bolak-balik. Bagian utama dari sebuah jembatan dioda adalah polaritas output yang berbeda dengan polaritas input. Dioda bridge / jembatan dioda ini memiliki nama lain berupa sircuit gratez. Sekian dahulu ulasan singkat mengenai dioda bridge.

Demikian penjelasan singkat mengenai dioda bridge, semoga artikel yang barusan kami bahas dapat berguna dan membantu bagi anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Karakteristik Dioda, Dioda Zener dan Pengertian Dioda.

No Responses

Leave a Reply