Fungsi Resistor

Fungsi Resistor dalam rangkaian elektronika adalah sebagai pengatur untuk membatasi jumlah arus yang mengalir di dalam suatu rangkaian elektornika. Selain itu, resistor juga merupakan komponen yang bersifat pasif sehingga dapat menghambat arus listrik. Dengan adanya sebuah resistor di dalam suatu komponen, maka arus listrik dapat dialiri sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini kami jabarkan beberapa fungsi resistor lainnya :

  • Resistor berfungsi untuk menahan arus listrik yang mengalir agar sesuai dengan kebutuhan suatu rangkaian elektronik.
  • Resistor berfungsi untuk menurunkan tegangan sesuai dengan kebutuhan suatu rangkaian elektornik.
  • Dapat membagi suatu tegangan.
  • Dan, dapat berfungsi untuk menghidupkan frekuensi tinggi dan rendah sesuai dengan kebutuhan transistor dan kapasitor.

Resistor adalah komponen elektronika yang memiliki nilai resistansi. Nilai dari resistor sendiri terbagi menjadi 3 jenis. Yang pertama adalah Fixed Resistor yang memiliki hambatan tetap. Kedua adalah Variable Resistor yang nilai hambatannya dapat berubah-ubah. Ketiga adalah Resistor Non Linier yang nilai hambatannya tidak linier karena terpengaruh oleh faktor lingkungan, misalnya suhu dan cahaya.

Contoh Gambar Fungsi Resistor

Fungsi Resistor

Jenis-Jenis Resistor yang ada saat ini banyak dijual di pasaran juga bermacam-macam. Namun, hanya ada dua jenis resistor yang biasanya sering digunakan di dalam suatu rangkaian elektronika, yaitu :

Resistor Biasa (Nilainya Tetap)
Resistor ini berfungsi sebagai penghambat gerak arus listrik yang nilainya tidak dapat berubah-ubah (konstan). Bahan yang digunakan untuk pembuatan resistor ini adalah Nikel dan Karbon

Resistor Variable (Nilainya Berubah-ubah)
Resistor yang satu ini memiliki nilai variable yang dapat berubah dengan cara memutar ataupun menggeser resistor tersebut.

Demikian penjelasan singkat mengenai Fungsi Resistor dan juga jenis-jenisnya. Semoga artikel kali ini dapat berguna dan bermanfaat. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Voltmeter Sederhana, Rangkaian Bel Rumah dan Rangkaian Pneumatik.

Leave a Reply