Fungsi Transformator

Fungsi Transformator akan anda dapatkan ketika anda belajar mengenai rangkaian elektronika, fungsi transformator ini perlu dipelajari karena memegang peranan penting bagi dunia elektronika. Secara garis besar, transformator memiliki fungsi untuk menyalurkan energi listrik ke tegangan rendah ataupun ke tegangan tinggi. Penyaluran ini dilakukan dalam frekuensi yang sama. Fungsi transformator yang satu ini pun dikenal dengan nama step up dan step down. Peran transformator pada sebuah rangkaian elektronika sama halnya denganfugsi kapasitor, resistor, transistor, dan dioda. Transformator juga tidak kalah pentingnya dengan sistem komunikasi, dimana transformator atau yang biasa juga disebut sebagai trafo, digunakan sebagai frekuensi radio dan video. Selain itu, transformator juga memiliki fungsi bagi kehidupan sehari-hari.

Transformator banyak memegang peranan dalam menaikkan tegangan arus listrik. Tanpa anda sadari, lemari es, televisi, komputer, dan berbagai macam alat elektronik yang biasa anda gunakan setiap harinya, memanfaatkan fungsi transformator sebagai pihak yang menaikkan tegangan arus listrik. Transformator yang memiliki tugas menaikkan tegangan arus listrik ini disebut sebagai transformator step up. Transformator step up memiliki lilitan sekuder yang lebih banyak jumlahnya kalau dibandingkan dengan lilitan primer. Sehingga kemudian fungsinya sebagai penaik tegangan pun jelas. Karena itu anda tidak perlu heran, ketika menyalakan peralatan elektronik, biasanya akan terasa seperti mengalami black out selama sepersekian detik. Hal tersebut merupakan pengaruh dari transformator step up yang sedang bekerja.

Fungsi Transformator

Contoh Gambar Fungsi Transformator

Kalau tadi ada transformator yang berfungsi untuk menaikkan tegangan arus listrik, maka selanjutnya ada yang memiliki fungsi untuk menurunkan tegangan arus listrik. Kalau pada transformator step up, lilitan yang paling banyak jumlahnya adalah lilitan sekunder, maka pada transformator step down lilitan yang paling banyak adalah lilita primernya. Salah satu contoh dari penggunaan transformatot stepdown adalah ketika kita sedang mencharge handphone atau baterai kamera. Hal ini sudah sesuai dengan fungsinya sebagai penurun tegangan. Meskipun begitu, baik transformator step up maupun step down semuanya memegang peranan penting bagi sebuah rangkaian elektronika.

Demikian ulasan singkat mengenai fungsi transformator ini, semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Sensor Tekanan, Macam-Macam Dioda dan Dioda Bridge.

No Responses

Leave a Reply