Gambar Rangkaian Paralel

Gambar Rangkaian Paralel adalah gambar rangkaian yang komponenya akan disusun secara paralel atau berjajar di antara komponen yang satu dengan yang lainnya. Pada rangkaian paralel tersebut, biasanya akan mempunyai beberapa area cabang yang lebih dari 1 cabang di dalam rangkaian tersebut. Cabang ini akan menghubungkan antara komponen yang satu dengan komponen lainnya yang menggunakan sumber tegangan yang sama namun dialirkan ke dalam komponen tersebut yang memiliki cabang yang berbeda di dalam rangkaian ini. Rangkaian paralel akan mempunyai bentuk gambar yang sedikit lebih kompleks dibandingkan dengan rangkaian seri. Apalagi dalam pembuatan rangkaian paralel tersebut cukup memakan waktu dan juga sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan rangkaian seri.

Gambar Rangkaian Paralel

Gambar Rangkaian Paralel

Pada gambar rangkaian paralel diatas, arus tegangan yang mengalir pada komponen di rangkaian tersebut akan mengalir di seluruh cabang di dalam rangkaian tersebut. Dan besaran resistor pada cabang di dalam rangkaian tersebut akan sama. Dan hal ini membuat rangkaian paralel mempunyai keunggulan yang lebih baik di dalam rangkaiannya.

Di dalam rangkaian paralel tersebut, komponen resistor akan disusun secara paralel di dalam rangkaian atau perangkat elektronik tersebut. Dan untuk melakukan perhitungan, biasnaya menggunakan rumus didalam rangkaian paralel ini sebagai berikut:

1/Rs = 1/R1+ 1/R2 + 1/R3 = ….

Jadi bisa diketahui adalah besaran R total merupakan penambahan dari besaran resistor di R1 dan juga di komponen R2 hingga resistor lain yang terdapat di rangkaian tersebut. Dan hal ini sangat berbeda jauh dengan rangkaian seri.

Keunggulan lain dari rangkaian paralel ini adalah pada percabangan dari komponen tersebut. Jika di salah satu cabang mengalami gangguang hingga rusak, terlepas dan juga tidak terhubung dengan PCB secara sempurna, maka aliran arus tegangan di rangkaian paralel tersebut tidak terputus dan tidak berhenti. Arus akan terus berjalan meskipun adanya cabang yang terputus di salah satu komponen. Sedangkan keadaan sebaliknya terjadi di rangkaian seri. Jika di salah satu komponen atau cabang pada gambar rangkaian paralel mengalami kerusakan dan juga terlepas, maka aliran arus akan terhenti di bagian cabang yang terlepas tersebut. Pasalnya di dalam rangkaian seri, hanya mempunyai 1 cabang saja di dalam rangkaian tersebut.

Leave a Reply