Jenis-Jenis Kapasitor

Jenis-Jenis Kapasitor akan anda pelajari kalau anda menekuni bidang elektronika. Tentunya pengetahuan mengenai jenis-jenis kapasitor menjadi sangat penting karena kapasitor pun merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah rangkaian elektronika. Jenis-jenis kapasitor dalam rangkaian elektronika sendiri terbagi menjadi 2 macam. Yang pertama ada kapasitor polar dan kapasitor non polar. Yang dimaksud dengan kapasitor polar merupakan kapasitor yang memiliki dua kutub dan mempunyai polaritas yang positif dan negatif. Umumnya, kapasitor ini terbuat dari bahan elektrolit yang mempunyai nilai kapasitansi yang besar kalau dibandingkan dengan kapasitor yang menggunakan bahan dielektrik. Kemudian kapasitor non polar, merupakan jenis kapasitor yang tidak memiliki polaritas positif dan negatif pada kedua kutubnya. Kapasitor ini dapat digunakan secara berbalik.

Jenis-Jenis Kapasitor

Contoh Gambar Jenis-Jenis Kapasitor

Jenis kapasitor non polar ini umumnya memiliki nilai kapasitansi yang kecil. Hal ini karena kapasitor non polar terbuat dari bahan keramik dan mika. Walaupun dari kedua jenis kapasitor yang ada semuanya digunakan untuk menyimpan muatan listrik, tetapi masih terdapat banyak perbedaan dalam jenis-jenis kapasitor tersebut. Salah satunya adalah, bahan yang digunakan dan juga fungsi kegunaannya dalam sehari-hari. Anda juga dapat membedakan jenis kapasitor menjadi beberapa bagian. Yaitu, kapasitor elektrolit, kapasitor keramik, kapasitor multilayer, trimer, super kapasitor, kapasitor tuning dan juga electric double.

Kapasitor memiliki sifat dasar, yaitu menyimpan muatan listrik dan tidak bisa dilalui oleh arus DC (direct current). Tetapi kemudian dapat dilalui oleh arus AC (alternating current). Selain itu juga berfungsi sebagai impedansi (resistansi yang nilainya bergantung dengan frekuensi). Dalam sebuah rangkaian elektronika, kapasitor memiliki fungsi sebagai penghubung pada masing-masing rangkaian. Kapasitor juga berfungsi untuk memisahkan arus bolak-balik dari arus searah serta sebagai filter pada rangkaian catu daya. Tidak sampai disitu saja, kapasitor juga berfungsi sebagai pembangkit frekuensi pada sebuah rangkaian elektronik dan juga sebagai penghemat daya listrik pada sebuah rangkaian lampu TL.

Demikian penjelasan singkat mengenai jenis-jenis kapasitor beserta sedikit ulasan mengenai fungsinya. Semoga setelah membaca artikel ini anda dapat lebih mengerti mengenai materi jenis-jenis kapasitor. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Kapasitor Bank, Pengertian Kapasitor dan Fungsi Kapasitor.

No Responses

  1. Pingback: Fungsi Dioda | Rangkaian Elektronika October 7, 2014

Leave a Reply