Jual Kit Elektronika Dasar

Penggemar dan penggiat benda – benda elektronik saat ini sudah menjamur dan akibatnya banyak toko – toko jual kit elektronika dasar yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan akan kit elektronik yang tinggi. Kit elektronik adalah satu paket alat elektronik yang dibutuhkan dalam membuat, menyusun, atau memperbaiki sebuah alat elektronik. Alat- alat ini yang nantinya akan digunakan dalam setiap langkah kerja dari penyusunan alat elektronik. Kit elektronika sendiri dibagi menjadi dua kelompok yaitu alat untuk merakit dan mengukur besaran elektronika. Alat untuk merakit elektronika biasanya berupa solder listrik, timah solder, tang kecil, tang lancip, atractor, dan pinset. Sedangkan alat untuk mengukur besaran elektronika biasanya berupa multimeter, oscilloscope, dan pengukur frekuensi.

Jual Kit Elektronika Dasar, Macam, dan Harganya

Kit elektronika dasar

Kit elektronika dasar

Kegiatan jual kit elektronika dasar bisa kita temui di hampir setiap blok pertokoan di sekitar kita. Harganya pun bermacam – macam tergantung produk dan tokonya. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, macam kit elektronik dibagi menjadi dua. Kit elektronik untuk keperluan merakit ada beberapa benda.

Yang pertama adalah solder listrik. Fungsi solder adalah untuk mencairkan timah sebagai perekat kaki komponen elektronika pada jalur PCB. Kita bisa mendapatkan solder listrik dengan harga kurang dari 20.000 rupiah untuk yang biasa.

Yang kedua adalah timah solder. Timah solder merupakan bahan perekat kaki komponen dengan jalur PCB dan bisa kita dapatkan dengan harga yang murah.

Yang ketiga adalah alat penyedot timah atau atractor. Atractor atau penyedot timah merupakan toolkit yang kita butuhkan apabila ingin melepas komponen elektronika yang telah disolder pada papan PCB. Kita bisa mendapatkan atractor dengan harga sekitar 10.000 rupiah saja.

Contoh kit elektronika dasar

Contoh kit elektronika

Jenis kit elektronik yang kedua adalah kit yang digunakan untuk mengukur besaran elektronika dari komponen elektronik. Alat yang pertama adalah multimeter. Multimeter atau multi tester merupakan alat ukur serbaguna dalam praktik elektronika, hal ini karena multi meter dapat digunakan untuk mengukur arus, tegangan dan hambatan listrik. Harga multimeter bermacam – macam mulai dari 15.000 rupiah hingga jutaan rupiah karena perbedaan produk, fungsi dan merk.

Kit yang kedua adalah oscilloscope. Osciloscope merupakan perangkat elektronika yang berfungsi untukmengukur dan mengetahui bentuk gelombang atau sinyal listrik. Penggunaan osciloscope ini cukup jarang karena harga dari osciloscope yang mahal, oleh karena itu, benda ini hanya sering ditemui di lab – lab elektronik. Kit yang ketiga adalah pengukur frekuensi. Frekuensi meter atau frekuensi counter merupakan toolkit elektronik yang berfungsi untuk mengetahui frekuensi suatu sinyal. Kita bisa mendapat frekuensi meter dengan mudah di toko – toko jual kit elektronika.