Kapasitor Bank

Kapasitor Bank merupakan suatu alat yang digunakan untuk memperbesar pf dan dipasang paralel dengan rangkaian beban. Kalau rangkaian itu diberi tegangan, maka elektron akan mengalir masuk ke kapasitor. Kemudian pada saat kapasitor penuh dengan muatan elektron, maka tegangan akan berubah. Elektron akan keluar dari kapasitor kemudian mengalir ke dalam rangkaian yang memerlukannya. Sehingga, kapasitor akan membangkitkan daya reaktif. Ketika kapasitor mengeluarkan elektron, ini merupakan suatu tindakan kapasitor untuk memberikan daya treaktif kepada beban. Karena beban memiliki sifat induktif (+) sedangkan daya reaktif dimiliki oleh kapasitor (-).

Hal tersebut menyebabkan daya reaktif yang berlaku kemudian menjadi kecil. Kapasitor yang digunakan untuk memperkecil atau memperbaiki pf penempatannya ada dua cara. Yang pertama kapasitor yang terpusat ditempatkan pada sisi primer dan sekunder transformator dan pada bus dari pusat pengontrol. Kemudian yang kedua, kapasitor ditempatkan pada feeder kecil, rangkaian cabang, dan langsung pada beban.

Kapasitor Bank

Contoh Gambar Kapasitor Bank

Sama halnya dengan alat-alat atau komponen elektronika yang lainnya, kapasitor bank juga membutuhkan perawatan. Kapasitor yang digunakan untuk memperbaiki pf harus tahan lama dan pastinya harus dirawat dengan teratur. Dalam perawatan tersebut pun harus perhatian dan dilakukan pada tempat yang lembab. Sebelum melakukan pemeriksaan, sebaiknya pastikan bahwa kapasitor bank tidak sedang terhubung dengan sumber. Setelah itu, kapasitor yang masih mengandung muatan berarti masih memiliki arus atau tegangan listrik. Karena itu kapasitor tersebut harus dihubung singkatkan agar muatannya dapat hilang.

Kapasitor bank memiliki beberapa komponen penting yang pastinya berkontribusi besar dalam fungsinya untuk sebuah rangkaian elektronika. Komponen-komponen tersebut antara lain, main switch, kapasitor breaker, magnetic contactor, kapasitor bank, reactive power regulator. Semuanya memiliki peranan penting dalam sebuah rangkaian elektronika. Hal-hal mengenai kapasitor bank ini pastinya penting untuk diketahui anda yang berkecimpung dalam dunia teknik elektro. Sekian sedikit ulasan mengenai kapasitor bank. Kalau anda masih penasaran, masih banyak referensi buku yang membahas mengenai kapasitor bank.

Semoga artikel yang satu ini dapat berguna bagi anda dan dapat menambah ilmu anda mengenai kapasitor bank. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Pengertian Kapasitor, Fungsi Kapasitor dan Kode Warna Resistor.

No Responses

Leave a Reply