Komponen Pasif Elektronika yang Berguna

Jika kita ingin mengetahui mengenai alat alat dalam kompunen pasif elektronika, kita datang ke tempat yang tepat. Di dalam artikel ini, ada penjelasan singkat mengenai komponen pasif yang terdapat di berbagai macam alat alat elektronik.

Komponen elektronika pasif dan aktif

Komponen elektronika pasif dan aktif

Sebagai permulaan, komponen elektronika dibagi menjadi dua macam yaitu komponen pasif dan juga komponen aktif. Untuk pengertian komponen pasif, pengertianya adalah komponen elektronika yang dalam pengoperasiannya tidak memerlukan sumber tegangan atau arus tersendiri. Untuk komponen pasif, kita lebih mengenalnya pada barang barang seperti resistor, kapasitor, dan juga inductor. Baik komponen aktif maupun pasif, semua komponen ini perlu terhubung ke sirkuit agar ada tenaga yang diperlukan untuk memicu terjadinya arus listrik.

Komponen Pasif Elektronika dan Manfaatnya

Pengertian yang lain mengenai komponen pasif elektronika adalah komponen yang tidak perlu catu daya untuk beroprasi dan tidak menghilangkan daya, meskipun dalam beberapa macam kasus jumlah disipasi dianggap tidak ada. Untuk jenisnya sendiri, resistor dibagi menjadi dua bagian yaitu resistor tetap dan resistor tidak tetap. Resistor tetap adalah resistor yang memiliki nilai hambatan yang tetap. Untuk resistor tidak tetap, pengertiannya adalah resistor yang nilai hambatanya bisa berubah sewaktu waktu. Ada juga pengertian mengenai potensiometer adalah resistor yang nilai resistansinya dapat diubah dengan memutar poros yang telah tersedia. Trimpot adalah resistor yang nilai resistansinya dapat diubah dengan memutar poros dengan menggunakan obeng.

Komponen pasif dan aktif elektronika

Contoh Komponen pasif dan aktif elektronika

Untuk bagian dari komponen pasif ada kapasitor yang berarti suatu komponen elektronika yang berfungsi sebagai menyimpan dan melepaskan muatan listrik. Kapasitor dibagi menjadi dua bagian yaitu kapasitor tetap dan juga kapasitor tidak tetap. Kapasitor tidak tetap dapat dibedakan menjadi dua yaitu kapasitor trimer dan juga kapasitor variable. Yang terkahir adalah transformator yang berfungis seabgai komponen elektromagnetik yang dapat mengubah taraf suatu tegangan AC ke taraf yang lain. Transformator strp up adalah transformator yang memiliki lilitan sekunder lebih banyak daripada lilitan primer sehingga berfungsi sebagai penaik tegangan. Itulah beberapa penjelasan mengenai komponen pasif elektronika.