Konsep Elektronika Analog

Elektronika Analog

Contoh Konsep Elektronika Analog

Konsep elektronika analog adalah konsep elektronika yang menggunakan sinyal listrik yang bersifat terus-menerus atau kontinue. Artinya aliran listrik yang tersalurkan mempunyai kekuatan yang sama dari asalnya hingga tujuannya. Penggunaan konsep analog ini sangat banyak contohnya di sekitar kita. Sebut saja telepon kabel. Telepon kabel adalah alat yang mengubah suara kita menjadi suatu bentuk gelombang listrik dimana yang nantinya gelombang listrik yang berasal dari suara kita akan disalurkan lewat kabel dan diterjemahkan dalam bentuk suara kembali di tujuannya. Karena gelombang sifatnya tidak abadi, maka di sepanjang jalur sistem analog ada penguat arus atau yang biasa disebut gain yang fungsinya adalah memperkuat sinyal listrik agar sampai pada tujuan dengan arus yang sama.

Perbedaan Konsep Elektronika Analog dan Digital

Perbedaan konsep elektronika analog dan digital ada pada bentuk sinyal listriknya. Jika sistem analog menggunakan sinyal yang kontinue, maka sinyal digital tidak memiliki sifat yang kontinue. Contohnya, sinyal analog bisa mencangkup jarak yang panjang karena pada setiap jarak tertentu pasti ada penguat arusnya sehingga arus yang sampai sama dengan yang dikirimkan. Sisitem digital tidak memiliki kemampuan semacam itu karena biasanya jarak cangkupannya terbatas. Contoh dari benda yang menggunakan sistem digital adalah telepon genggam. Telepon genggam menyalurkan gelombang elektromagnet ke tower sinyal terdekat untuk diteruskan kepada tower sinyal yang lain dan akhirnya dari tower sinyal yang dekat dengan tujuannya sinyal tersebut baru akan dikirimkan ke penerima. Tanpa adanya tower sinyal, maka gelombang elektromagnet dari telepon genggam tidak akan sampai.

Elektronika analog

Sistem kerja Elektronika Analog

Sistem analog memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kelebihan dari sistem analog adalah sistem ini mampu mengirim sinyal listrik dari jarak yang sangat jauh dan kekuatan arusnya tidak akan berkurang hingga sampai di tujuan. Kekurangannya adalah sistem analog ini termasuk sistem yang sangat sederhana sehingga tidak dapat digunakan untuk kegiatan yang rumit. Jaman sekarang, penggunaan sistem analog sudah mulai tergeser oleh sistem digital karena sistem digital lebih mampu untuk memproses hal yang rumit. Walaupun begitu, sistem analog masih merupakan sistem pokok yang tidak akan hilang dalam waktu dekat karena kemampuannya dalam mengirim sinyal jarak jauh dengan kekuatan yang konsisten. Jadi, konsep elektronika analog ini masih dipergunakan sampai sekarang walaupun segala sesuatunya sudah bergeser ke konsep digital.