Konsep Rangkaian Listrik

Konsep Rangkaian Listrik merupakan hal yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, dan hampir disemua kegiatan atau aktivitas kita, semua menggunakan listrik. Jadi tak dapat dipungkiri lagi bahwa kita masih tergatung pada listrik, lalu salah satu hal pokok yang terkait dengan listrik yaitu rangkaian listrik. Rangkaian listrik sendiri adalah kumpulan elemen atau komponen listrik yang saling berhubungan dengan cara-cara tertentu dan yang paling penting yaitu memiliki satu lintasan tertutup. Pembatasan terhadap atau komponen listrik pada rangkaian dapat dikelompokkan kedalam elemen atau juga dalam komponen aktif dan pasif.

Elemen aktif merupakan elemen yang menghasilkan sumber energi yang berupa teganan serta sumber arus. Sedangkan untuk elemn pasif yaitu elemen yang tak dapat menghasilkan energi, dan dapat dikelompokkan menjadi elemen yang hanya menyerap energi yang disebut juga dengan resistor atau tahanan/hambatan dengan simbol R. Untuk komponen listrik yang terkait langsung pada konsep rangkaian listrik diantaranya elemen listrik dua terminal dan elemen listrik lebih dari dua terminal. Pada elemen listrik dua terminal terdapat beberapa komponen, diantaranya sumber tegangan, sumber arus, resistor (R), Induktor (L), dan kapasitor (C). Sedangkan pada elemen lebih dari dua terminal hanya terdapat transistor serta Op-amplifier.

Konsep Rangkaian Listrik

Contoh Gambar Konsep Rangkaian Listrik

Berbicara tentang rangkaian listrik, tentu saja tak lepas dari pengertian rangkaian itu sendiri, dimana rangkaian merupakan interkoneksi dari sekumpulan komponen atau elemen penyusunnya ditambah dengan rangkaian penghubung yang tersusun dengan cara tertentu dan minimal memiliki satu lintasan tertutup. Yang dimaksud dengan lintasan tertutup yaitu satu lintasan pada saat kita mulai dari titik yang dimaksud kemudian kembali kepada titik tersebut tanpa terputus yang tentu tidak memandang seberapa jauh atau dekat lintasan yang telah ditempuh. Rangkaian listrik sendiri merupakan sebuah dasar dari teori pada rangkaian teknik elektro yang tentu saja menjadi dasar bagi ilmu lainnya, semisal elektronika, sistem daya, putaran mesin, sistem komputer, serta teori control.

Demikian penjelasan singkat mengenai konsep rangkaian listrik, semoga artikel kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Penguat Bass, Rangkaian Lampu Darurat, Rangkaian Dioda Zener dan Rangkaian Alarm Kebakaran.

No Responses

Leave a Reply