Macam-Macam Dioda dan Kegunaannya

Macam-Macam Dioda akan anda pelajari ketika sedang belajar dalam ilmu fisika, tepatnya di bidang elektronika. Sebelum lebih lanjut membahas mengenai macam-macam dioda, mari kita bahas mengenai apa pengertian dari dioda itu sendiri. Dioda merupakan salah satu komponen elektronika semi konduktor yang berfungsi untuk menahan arus listrik. Dioda terdiri dari berbagai macam. Ada dioda penyearah (rectifier), dioda emisi cahaya (LED), dioda zenner, dioda photo (photo-dioda) dan dioda varactor. Pada artikel kali ini, secara khusus akan dibahas mengenai macam-macam dioda. Anda perlu untuk memerhatikan artikel ini sampai habis kalau ingin mengetahui apa saja jenis-jenis dari dioda.

Yang pertama ada dioda penyearah. Dioda penyearah merupakan jenis dioda yang terbuat dari bahan silikon yang memiliki fungsi sebagai penyearah tegangan atau arus dari bolak-balik (AC) ke arus yang memiliki arah yang sama (DC). Atau mungkin mengubah arus AC menjadi DC. Macam-macam dioda yang selanjutnya, ada dioda zener. Dioda zener merupakan dioda junction P dan N yang terbuat dari bahan dasar berupa silikon. Dioda ini kerap kali dikenal sebagai voltage regulation diode yang bekerja pada daerah reverse. Dioda zener memiliki potensial yang berkisar mulai dari 2,4 hingga 200 volt dengan daya dari ¼ hingga 50 watt. Jika biasanya pada dioda terjadi breakdown pada tegangan ratusan volt, maka pada zener bisa terjadi pada angka puluhan dan satuan volt.

Macam-Macam Dioda

Contoh Gambar Macam-Macam Dioda

Selanjutnya ada dioda emisi cahaya atau yang juga dikenal sebagai LED (Light Emitting Diode). Untuk jenis yang satu ini biasanya merupakan piranti elektronik gabungan dari elektronik dengan optik. Sehingga dapat dikategorikan sebagai ‘optoelectronic’. Kemudian, untuk elektroda-elektroda lainnya sama seperti dioda lainnya. Yaitu memiliki anoda (+) dan katoda (-). Kemudian ada dioda cahaya yang bekerja pada daerah reverse, akhirnya hanya arus bocor saja yang dapat melewatinya. Dalam keadaan yang gelap, arus yang mengalir sekitar 10 A untuk dioda cahaya yang memiliki bahan dasar germanium dan 1A untuk bahan silikon. Terakhir, dioda varactor merupakan dioda kapasitas yang sifatnya memiliki kapasitas yang akan berubah-ubah ketika diberi tegangan. Itulah bahasan mengenai macam-macam dioda.

Semoga artikel tentang dioda yang kita bahas kali ini nantinya dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Dioda Bridge, Karakteristik Dioda dan Dioda Zener.

No Responses

  1. Pingback: Sensor Tekanan | Rangkaian Elektronika October 14, 2014

Leave a Reply