Mari Mengenal Komponen Aktif Elektronika

Jika kita ingin mencari informasi mengenai komponen aktif elektronika, kita datang ke tempat yang tepat. Di dalam artikel ini, ada penjelasan singkat mengenai bagaimana cara komponen aktif bekerja untuk alat elektronik.

suatu komponen aktif elektronika

Komponen Ektif Elektronika

Untuk permualaan, ada dua komponen yang ada di dalam satu rangkaian yaitu rangkaian aktif dan juga komponen pasif. Untuk pengertian dari komponen aktif adalah komponen komponen yang berada di dalam suatu rangkaian elektronik yang mempunyai penguatan atau mengarahkan aliran arus listrik. Contoh dari komponen aktif yang bisa kita temui adalah transistor, tiristor, diode, dan juga tabung vacuum. Di dalam paragraf dua dan tiga ada penjelasan singkat mengenai alat elektronik seperti transitor, tiristor dan juga diode menurut para ahli.

Komponen Aktif Elektronika dan Penjelasanya

Salah satu komponen aktif elektronika yang bisa kita temui adalah transistor. Transistor sendiri dibagi menjadi empat bagian yaitu transistor bipolar, transistor IGBT, Transistor Efek Medan, dan juga Photo Transistor. Semua komponen transistor ini memiliki bentuk yang hampir sama yaitu berupa kotak kecil dan memiliki sebuah dua ujung yang terbuat dari besi. Contoh yang kedua dalam komponen aktif adalah diode. Diode adalah salah satu komponen aktif yang bentuknya sederhana dan penggunaanya yang luas. Ada beberapa macam rangkaian diode seperti Hal Wave Rectifer, Full Wave Rectifer, Clipper, Clamper, dan juga Voltage Multiplier. Dioda memiliki sisi negative N yang disebut dengan Katoda dan sisi positif yang disebut dengan Anoda.

contoh komponen elektronika

beberapa komponen aktif elektronia

Dioda memiliki berbagai macam jenis antara lain Dioda Germanium, Dioda Silikon, Dioda Selenium, Dioda Zener, dan juga Dioda Cahaya atau LED. Dioda terbuat dari komponen elektronika yang terbuat dari bahan semi konduktor. Struktur diode adalah sambungan dari semikonduktor P dan N. Komponen yang lain adalah SCR atau lebih dikenal dengan menggunakan Silicon Control Rectifiel. SCR terbagi dua antara lain DIAC yang berfungsi untuk meneruskan tegangan dari Anoda ke Katoda atau sebaliknya. Yang kedua adalah TRIAC berfungsi sebagai penerus tegangan dari kaki 1 ke kaki 2 pada saat ada trigger pada Gate. Itulah beberapa contoh mengenai komponen aktif elektronika.