Materi Rangkaian Listrik

Materi rangkaian listrik ini tentunya memiliki pemahaman mengenai rangkaian listrik yang biasanya terdapat di beberapa komponen elektronika atau perangkat elektronik yang bisa anda temukan sehari-hari. Seperti apa pemahaman dan pengertian dari rangkaian listrik ? Berikut sedikit penjabarannya.

Arus Listrik

  1. Pengertian dari arus listrik adalah sebuah gerakan dari arus listrik yang bermuatan positif kedalam sebuah penghantar.
  2. Arus listrik mengalir di dalam rangkaian yang tertutup dimana terdapat sumber listrik yang berada di dalamnya.
  3. Jika terjadi perbedaan potensial, maka arus listrik akan terjadi.
  4. Sama halnya dengan sifat air, maka arus listrik akan mengalir dari area yang memiliki nilai potensial tinggi ke potensial rendah.
  5. Kuat arus listrik memiliki pengertian banyaknya muatan listrik per detik yang mengalir di dalam sebuah penghantar.
  6. Untuk perhitungannya dijabarkan rumus:

Materi Rangkaian Listrik

Keterangan:
I : kuat arus listrik dengan satuannya Ampere (A)
Q : muatan listrik yang memiliki satuannya coulomb (C)
T : waktu dengan satuannya detik (s)

Sementara pengertian untuk saklar adalah sebuah alat yang digunakan untuk melakukan pemutusan dan juga menghubungkan arus listrik dalam sebuah rangkaian. Jika saklar dalam keadaan terbuka, maka arus listrik putus. Sementara kejadian sebaliknya akan terjadi jika saklar dalam keadaan tertutup, arus listrik maka akan mengalir.

Sedangkan sekring memiliki fungsi sebagai alat yang dapat memutuskan aliran listrik jika telah melebihi batas. Prinsip sekring sendiri merupakan sebuah penghantar yang hanya dilewati oleh listrik dengan besaran tertentu. Ada 2 macam tipe sekring yaitu sekring kaca dan porselin. Sekring jenis kaca lebih sering dipasang pada alat elektronik, sedangkan sekring jenis porselin dipasang pada rangkaian listrik PLN.

Bagian utama sekring adalah kawat halus yang terbuat dari logam dimana memiliki titik lebur yang rendah. Besaran sekring biasanya dinyatakan dalam ampere (A). Sementara fungsi sekring adalah ::

Membatasi arus listrik yang melebihi batas.
Mencegah terjadinya kebakaran akibat hubungan pendek. Akibat dari hubungan pendek tersebut terhadap sekring adalah :

  • Hambatan kecil
  • Arus listrik besar
  • Kawat sekring putus
  • Aliran listrik padam

Leave a Reply