Mempelajari Simbol Komponen Elektronika

simbol komponen elektronika

Simbol Komponen Elektronika

Ketika mempelajari elektronika, maka anda pun juga harus mempelajari simbol komponen elektronika. Anda harus bisa memahami serta menghafal simbol-simbol komponen yang digunakan dalam sebuah rangkaian elektronika. Hal ini diperlukan untuk menjadi salah satu persiapan dalam penerapannya nanti. Penerapannya bisa dalam bentuk memperbaiki alat-alat elektronik seperti televisi, radio tape, VCD/DVD dan lain sebagainya atau merangkai suatu komponen elektronika yang baru. Penggunaan simbol-simbol ini akan lebih mempermudah dalam pembuatan skema rangkaian. Tidak hanya itu penggunaan simbol-simbol ini juga semakin mempermudah pemahaman ketika proses perakitan dilakukan. Sehingga sudah jelas mengapa mempelajari simbol komponen elektronika ini menjadi penting sekali.

Jenis-jenis Simbol Komponen Elektronika
simbol elektronika
Biasanya, seorang ahli listrik akan terlebih dahulu membaca skema dari rangkaian elektrik sebelum melakukan proses pemasangan. Hal ini juga turut dilakukan oleh seorang teknisi elektrik sebelum melakukan pemasangan. Manfaat penggunaan simbol komponen elektronika ini tidak hanya didapatkan dalam proses pembangunan saja, tetapi juga ketika melakukan penelusuran dalam perbaik atau servis yang diperlukan. Terdapat banyak simbol komponen yang harus dihafalkan. Misalnya simbol untuk komponen kabel atau wire listrik yang merupakan konduktor atau kabel penghubung. Kemudian ada juga simbol dari komponen kabel terhubung yang menandakan bahwa kabel telah terhubung. Ada pula simbol kabel tak terhubung yang menandakan status kabel yang terputus atau tidak terhubung.

Simbol komponen elektronika yang selanjutnya ada simbol dari komponen Toggle Switch S P S T yang menjadi simbol status terputusnya kabel dalam kondisi open. Lalu ada komponen Toggle Switch S P D T yang memiliki simbol untuk menggambarkan status memilih dan terminal koneksi. Setiap komponen yang ada di rangkaian elektronika ini memiliki simbol yang berbeda-beda. Dan jumlahnya cukup banyak untuk dipelajari. Kemudian simbol-simbol elektronika ini dibagi ke dalam beberapa bagian. Untuk beberapa komponen yang sudah disebutkan tadi merupakan bagian dari simbol sambungan dan simbol elektronika dasar relay dan simbol saklar. Gambar dari setiap simbol ini berbeda tetapi biasanya terdapat ciri khas dari elektronika pada simbol tersebut.

Gambar simbol biasanya berupa gambar kabel atau saklar. Tujuannya jelas supaya bisa menggambarkan komponen serta keadaan yang dialami oleh komponen tersebut. Tidak jarang juga menggambarkan baterai sehingga ada tanda plus dan minus untuk menunjukkan kedua kubu baterai yang saling berbeda. Terdapat juga simbol meter atau yang menjadi alat ukur untuk satuan listrik. Terdapat 4 jenisnya, antara lain volt, ampere, ohm, dan watt. Keempatnya kemudian disimbolkan dengan huruf yaitu V, A, O, dan W. Mempelajari simbol komponen elektronika yang begitu banyaknya ini akan lebih mudah jika anda belajar langsung dari buku yang menunjukkan gambar dari komponen-komponen tersebut.