Menariknya Mengetahui Dunia Elektronika

komponen elektronika

Contoh komponen elektronika

Dunia elektronika yang melibatkan komponen, sistem serta perangkat elektronika kini telah membantu banyak sekali kehidupan manusia. Dalam sehari-hari manusia, memang tidak telepas dari perangkat elektronik yang tersusun dari komponen elektronika. Dalam bekerja sehari-hari, anda tidak akan terlepas dari penggunaan komputer atau laptop, di ruang bekerja tersebut, biasanya terdapat air conditioner (AC) atau kipas angin yang menggunakan komponen elektronika dalam penggerakannya.

Penyusunan komponen-komponen elektronika ini dapat menjadikan satu perangkat elektronika yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. Komponen elektronika yang terdiri dari komponen pasif dan aktif ini dapat mengolah hal-hal yang berhubungan tentang arus listrik. Arus listrik sendiri merupakan listrik bermuatan negatif dan positif yang dapat mengalir dari satu titik menuju titik lainnya. Dalam dunia elektronika sendiri, fisika memiliki satuan Internasional yakni Ampere (A).

Lebih dalam dan lebih detail mengenai dunia elektronika

Dalam komponen aktif yang memerlukan arus listrik dalam menjalankannya, dikenal beberapa bentuk, seperti dioda, transistor, serta dioda schottky. Sedangkan pada komponen pasif elektronika seperti resistor, kapasitor, induktor serta transformator. Dalam dunia elektronika, kapasitor sebagai komponene pasif yang penyusun banyak perangkat elektronik memiliki beberapa sistem penyusunan, yakni secara seri, paralel dan campuran serial-paralel. Penggunaan seri pada pemasangan kapasitor tergantung pada perangkat elektronik yang akan dipasangkan kapasitor. Pada masing-masing komponen elektronika memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Tapi, secara umum pada setiap rangkaian elektronika pasti memiliki sinyal yang dihasilkan. Dalam hal ini, terdapat dua jenis gelombang sinyal yang dihasilkan, yakni sinyal analog dan digital.

berbagai komponen elektronika

Contoh komponen elektronika

Perkembangan dari setiap penemuan terkait elektronika terus dikembangkan untuk kemudahan manusia. Tidak heran, jika saat ini dalam mengelola data-data terkait perusahaan dalam jumlah besar bisa dilakukan dengan mudah menggunakan laptop atau komputer.

Kemudahan dengan perkembangan elektronika juga dirasakan dalam bidang industri. Terlihat bahwa kerja mesin yang disusun dari komponen elektronika ini bisa melakukan tugas pembuatan hingga pengepakan barang-barang elektronika di industri. Sedangkan, pada bidang transportasi, elektronika semakin membuat pengguna transportasi merasa aman dan nyaman dengan komponen elektronika yang disusunnya. Hingga, kini semakin marak adanya industri elektronik yang berkembang di berbagai bidang. Pentingya elektronika dipelajari saat ini, akan terus berlanjut seiring dengan perkembangan di dunia elektronika.