Mengenal Rangkaian Elektronika Digital

Jika kita ingin mengenal lebih dekat dengan rangkaian elektronika digital, kita bisa memperhatikan beberapa penjelasan yang ada di bawah ini. Di dalam artikel ini, kita bisa menemukan informasi mengenai rangkaian elektronika yang dibagi menjadi tiga bagian utama. Rangkaian yang pertama adalah rangkaian elektronika analog, rangkaian elektronika digital, dan yang terakhir adalah rangkaian elektronika kombinasi.

Rangkaian Elektronika Digital

Rangkaian Elektronika Digital

Rangkaian elektronika dibangun untuk tujuan tertentu dan bisa diterapkan untuk berbagai macam kebutuhan rumah seperti amplifier, power supplay, reviever, converter, decoder, multiplexer, driver motor, tone control dan juga transmitter Wi-Fi. Rangkaian elektronika yang terdapat pada SKEMA Rangkaian PCB terdiri atas beberapa jenis yang dikategorikan sebagai contoh yang ada di atas tadi.

Rangkaian Elektronika Digital dan Contoh

Salah satu bentuk rangkaian elektronika digital menurut beberapa sumber adalah rangkaian elektronika analog. Untuk jenis rangkaian ini, cara kerjanya menggunakan sinyal kontinyu analog dari bagian depan hingga outputnya. Untuk bagian yang kedua adalah rangkaian elektronika digital. Untuk rangkaian ini bekerja menggunakan sinyal digital dimana memiliki nilai high 1 dan low 0. Sinyal digital digunakan dari bagian depan hingga output rangkaian elektronika digital. Untuk bagian yang ketiga adalah rangkaian elektronika kombinasi. Rangkaian jenis ini berkerja menggunakan sinyal analog dan juga digital pada bagian depan, output atau di semua bagian. Keseluruhan contoh rangkaian ini memiliki contoh yang beragam yang sudah dijelaskan di bagian paragraf satu.

Rangkaian Elektronika Digital

Skema Rangkaian Elektronika Digital

Untuk penjelasanya, kita dapat menemui gerbang gerbang dasar logika yang pada dasarnya berfungsi seabgai pemroses input sebelum masuk ke output. Gerbang dasar logika dapat dilambangkan dengan AND, OR, NOT, dan gerbang logika lain sebagai bagian dari hasil kombinasi gerbang logika dasar.

Untuk menerapkan kemudahan untuk memproses data, maka suatu rangkaian harus dikombinasikan dengan rangkaian BCD atau bisa juga disebut dengan Binary Code to Decimal. Rangkaian ini mempunyai prinsip sebagai pengubah representasi kode decimal menjadi bahasa logika biner. Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai rangkaian elektronika digital semoga bermanfaat untuk kita semua.