Pengertian Dioda

Pengertian Dioda akan sangat penting untuk diketahui oleh anda yang bekerja dalam bidang elektronika. Dioda sendiri merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah rangkaian elektronika. Dioda merupakan komponen aktif yang memiliki dua kutub serta memiliki sifat semikonduktor. Dioda bisa dialiri oleh arus listrik ke satu arah dan menghambat arus dari arah yang sebaliknya. Dioda tidak memiliki karakter yang sempurna, tetapi juga memiliki karakter yang berhubunfan dengan arus dan tegangan komplek yang tidak linear. Kemudian juga seringkali bergantung pada teknologi yang digunakan serta parameter dari penggunaannya. Dioda ternyata dibagi menjadi beberapa jenis. Yang pertama ada dioda termionik dan yang kedua ada dioda semikonduktor.

Pengertian Dioda

Contoh Gambar Pengertian Dioda

Antara dioda termionik dengan dioda semikonduktor tentunya berbeda. Dioda termionik merupakan piranti katub yang merupakan susunan elektroda di dalam sampul gelas. Dioda termionik memiliki bentuk awal yang hampir sama dengan bola lampu pijar. Dalam pengertian dioda termionik, katoda secara tidak langsung akan dipanaskan oleh arus listrik yang mengalir melalui filamen. Elektroda internal lainnya telah dilapisi dengan campuran barium dan strontium oksida yang merupakan oksida dari logam alkali tanah. Melalui kegiatan tersebut dapat menghasilkan pancaran termionik elektron ke ruang hampa. Meskipun begitu, elektron tidak bisa memancarkan dengan mudah ke permukaan anoda yang tidak terkena panas ketika polaritas tegangan di balik.

Selanjutnya mengenai dioda semikonduktor, sebagian besar terdapat pada teknologi pertemuan P-N semikonduktor. Dioda P-N memiliki arus yang mengalir dari sisi tipe-p (anoda) yang menuju ke sisi tipe-N (katoda). Tetapi tidak dapat mengalir ke arah sebaliknya. Dioda semikonduktor sendiri memiliki tipe lain. Yaitu dioda schottky yang dapat dibentuk dari pertemuan antara logam dan semikonduktor sebagai ganti dari pertemun P-N yang konvensional. Itu tadi merupakan sedikit penjelasan mengenai pengertian dari dioda. Kalau anda membaca lebih banyak buku, anda akan menemukan gambar mengenai pengertian dari sebuah dioda.

Demikian artikel mengenai pengertian dioda ini. Semoga anda menjadi lebih paham dan juga mengerti seputar pengertian dioda. Anda juga bisa membaca artikel menarik lainnya, seperti Fungsi Dioda, Cara Kerja Kapasitor dan Jenis-Jenis Kapasitor.

No Responses

  1. Pingback: Dioda Zener | Rangkaian Elektronika October 10, 2014

Leave a Reply