Pengertian Kapasitor

Pengertian Kapasitor akan anda dapatkan ketika anda belajar dalam bidang elektronika. Tentunya sangat penting untuk mengetahui pengertian dari sebuah kapasitor itu sendiri. Kapasitor merupakan sebuah perangkat komponen elektronika yang memiliki fungsi untuk menyimpan muatan listrik yang terdiri dari dua konduktor yang dipisahkan oleh bahan penyekat pada tiap konduktor atau yang disebut sebagai keping. Kapasitor biasanya juga disebut sebagai kondensator yang merupakan komponen listrik yang dibuat sedemikian rupa sehingga mampu menyimpan muatan listrik. Kapasitor memiliki prinsip kerja yang umumnya hampir sama dengan resistor yang juga termasuk ke dalam komponen pasir. Komponen pasif merupakan jenis komponen yang bekerja tanpa memerlukan arus panjar. Kapasitor sendiri memiliki dua lempeng logam (konduktor) yang dipisahka oleh penyekat (isolator).

Contoh Gambar dari Pengertian Kapasitor

Pengertian Kapasitor

Isolator atu penyekat disebut sebagai bahan zat dielektrik. Zat tersebut berfungsi untuk memisahkan dua komponen berfungsi untuk membedakan jenis-jenis kapasitor. Terdapat beberapa kapasitor yang menggunakan bahan dielektrik. Misalnya saja seperti plastik cairan, mika kertas, dll. Itu tadi merupakan pengertian kapasitor. Selanjutnya, pada sebuah rangkaian elektronika, kapasitor memiliki peranan penting terutama untuk mencegah loncatan bunga api listrik pada rangkaian yang mengandung kumparan. Kemudian, kapasitor juga berguna untuk menyimpan muatan atau energi listrik dalam rangkaian. Dan dapat memilih panjang gelombang pada radio penerima serta sebagai filter dalam power supply.

Kapasitor memiliki fungsi sebagai rangkaian elektronik yang menyimpan arus atau tegangan listrik. Untuk arus DC, kapasitor memiliki fungsi sebagai isolator atau penahan arus listrik. Kemudian untuk arus AC, kapasitor memiliki fungsi sebagai sebuah konduktor yang melewatkan arus listrik. Sedangkan dalam penerapannya sendiri, kapasitor biasanya dimanfaatkan sebagai filter untuk menyaring. Ada berbagai macam penerapan kapasitor seperti, meratakan tegangan dengan mengubah unsur AC menjadi unsur DC, pembangkit gelombang AC atau isolator, dan lainnya. Kapasitor pun memiliki berbagai macam jenis. Dan biasanya dibedakan berdasarkan polaritasnya, bahan pembuatan, serta ketetapan nilai dari kapasitor tersebut.

Sekian dahulu untuk artikel yang satu ini, semoga dapat menambah pengetahuan anda mengenai pengertian kapasitor. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Fungsi Kapasitor, Kode Warna Resistor dan Cara Menghitung Resistor.

Leave a Reply