Pengertian Rangkaian Listrik

Pengertian Rangkaian Listrik memiliki pengertian sebagai kumpulan komponen dan juga elemen-elemen listrik yang memiliki keterkaitan dan juga hubungan yang salin terjalin didalamnya hingga mengalirkan aliran arus di dalam rangkaian tersebut. Sementara elemen dan juga komponen biasanya mempunyai 2 buah kutub atau juga biasa disebut terminal pada bagian ujungnya. Komponen dan juga elemen di dalam rangkaian listrik tersebut memiliki dua sifat yaitu pasif dan juga aktif. Untuk elemen atau komponen aktif, memiliki pengertian komponen yang akan menghasilkan energi yang biasa disebut sumber tegangan atau sumber arus. Sementara untuk komponen pasif atau elemen pasif memiliki pengertian sebagai komponen dan elemen yang tidak bisa menghasilkan energi.

Komponen pasif ini bisa dikelompokkan menjadi komponan yang akan menyerap energi seperti halnya komponen resistor yang bisa juga disebut sebagai tahanan atau juga hambatan dengan menggunakan simbol R untuk membacanya. Dan didalam elemen pasif tersebut juga bisa menyimpan energi yang dibagi menjadi komponen yang menyerap energi di dalam medan magnet seperti halnya induktor atau kumparan dengan disimbolkan dengan huruf L. Dan juga kapasitor atau juga disebut kondensator yang menggunakan simbol C.

Pengertian Rangkaian Listrik

Gambar Skema Pengertian Rangkaian Listrik

Rangkaian Listrik itu sendiri sebenarnya memiliki pengertian lain dimana di dalam rangkaian tersebut akan terjadi interkoneksi dari komponen yang berada di dalamnya yang menyusun rangkaian tersebut. Dan disetiap komponen ini akan saling terhubung dan juga mengalirkan arus didalam lintasan tertutup. Apakah lintasan tertutup tersebut ? Lintasan tertutup memiliki pengertian sebagai lintasan yang saling menghubungkan komponen satu ke komponen lainnya tanpa terputus. Pengertian rangkaian listrik sendiri menjadi dasar teori dari rangkaian di dalam ilmu teknik elektro yang juga menjadi dasar serta fundamental bagi ilmu elektronika dan juga sistem daya, hingga ke sistem computer serta teori control. Sementara untuk arus listrik sendiri, memiliki arti sebagai perubahan kecepatan muatan terhadap waktu yang terdapat di dalam rangkaian yang juga bisa diartikan dengan perubahan kecepatan muatan yang mengalir di dalam rangkaian dengan menggunakan satuan waktu yang disimbolkan dengan huruf i. Dan inilah sedikit tentang pengertian rangkaian listrik.

Leave a Reply