Pengertian Transistor

Pengertian Transistor (Semikonduktor) adalah alat yang banyak di pakai sebagai penguat, sirkuit pemutus dan penyambung (switching), stabilisasi tegangan, modulasi sinyal dan masih banyak fungsi lainnya. Transistor juga dapat digunakan sebagai kran listrik, dimana arus inputnya (BJT) atau tegangan inputnya (FET) dapat mengalirkan listrik yang sangat akurat dari sumber arus listriknya. Semikonduktor yang satu ini juga memiliki 3 kaki elektroda, yaitu Basis (Dasar), Kolektor (Pengumpul) dan Emitor (Pemancar). Emitor merupakan salah satu terminal yang dapat mengatur arus dan tegangan yang lebih besar dari pada input Basis.

Transistor pertama kali ditemukan oleh sekelompok ilmuan, yaitu William Shockley, John Barden dan W.H. Brattain pada tahun 1948. Akan tetapi komponen ini mulai dikenalkan dan digunakan oleh berbagai perusahaan ternama pada tahun 1958. Transistor sendiri berasal dari kata “transfer” yang berarti pemindahan dan “resistor” yang berarti penghambat. Dari kedua kata tersebut dapat kita artikan bahwa pengertian transistor adalah pemindahan bahan setengah penghantar menjadi suhu tertentu.

Pengertian Transistor

Contoh Gambar Pengertian Transistor

Transistor juga merupakan komponen yang sama pentingnya dengan resistor dalam dunia elektronika modern. Contohnya dalam rangkaian analog, transistor digunakan dalam amplifier (penguat). Rangkaian Analog melingkupi pengeras suara, sumber listrik stabil dan penguat sinyal radio. Sedangkan dalam rangkaian-rangkaian digital, transistor digunakan sebagai saklar berkecepatan tinggi. Yang paling menarik adalah dari beberapa transistor juga dapat dirangkai sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi sebagai logic gate, memori dan fungsi rangkaian-rangkaian lainnya.

Demikian penjelasan singkat tentang Pengertian Transistor, semoga artikel kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Fungsi Resistor, Pengertian Resistor, Rangkaian Genset dan Rangkaian Konverter.

No Responses

  1. Pingback: Rangkaian Transistor | Rangkaian Elektronika September 3, 2014
  2. Pingback: Fungsi Transistor | Rangkaian Elektronika September 26, 2014
  3. Pingback: Apa itu Transistor ? | zainuddinsite November 13, 2015
  4. Pingback: transistor – elektronikdasar June 23, 2016

Leave a Reply