Pengetahuan Tentang Ilmu Elektronika

Ilmu elektronika adalah ilmu yang mempelajari tentang listrik, mulai dari arus listrik, medan listrik hingga penyusunan setiap sistem komponen elektronik. Dengan mempelajari ilmu elektronika, anda bisa mengetahui banyak hal tentang perangkat elektronik yang kini telah mengisi kehidupan anda sehari-hari. Mulai dari sistem listrik pada komputer, laptop, handphone, serta perangkat elektronik lainnya.

Belejar ilmu elektronika

Mempelajari elektronika

Ilmu elektronika yang mempelajari tentang listrik ini sebenarnya merupakan cabang dari ilmu fisika yang lebih memfokuskan pada arus listrik. Beberapa alat dalam sistem kerja elektronika yang bisa anda temui sehari-hari seperti tabung katoda pada penggunaan televisi tabung, smart card, srta benda elektronika lainnya. Karena banyaknya perangkat elektronik pada saat ini, membuat ilmu tentang elektronik menjadi penting untuk dipelajari.

Ilmu Elektronika Secara Mendalam

Secara umum, ilmu tentang elektronika ini mempelajari arus listrik pada kedua komponen elektronika, yakni komponen aktif dan pasif. Kedua komponen elektronika ini memiliki perebdaan yang sangat mencolok, dimana komponen pasif tidak memerlukan arus listrik untuk menjalankan perangkat elektroniknya, sedangkan komponen aktif digunakan dengan bantuan arus listrik yang mengalirisi perangkat elektronik. Ilmu elektronika yang mempelajari tentang komponen aktif dan pasif elektronika memang harus dibedakan. Beberapa alat penyusun perangkat elektronik yang berupa komponene pasif adalah resistor yang berguna sebagai penahan dari arus listrik, kapasitor atau biasa disebut kondensator, induktor atau lilitan yang disebut juga kumparan, serta transformator atau yang lebih populer disebut trafo untuk menaikkan atau menurunkan tegangan listrik. Pada komponen aktif elektronika, terdapat dioda dengan berbagai jenis, mulai dari dioda foto, cahaya, hingga laser. Ada juga transistor yang juga memiliki banyak sekali jenis.

ilmu elektronika

Mempelajari rangkaian elektronika

Perkembangan dari ilmu yang membahas khusus tentang elektronika ini benar-benar tersoror pada abad 20an. Pada awalnya, tabung hampa udara, sirkuit terpadu serta transistor merupakan komponene elektronik yang akan berkembang menjadi barang-barang elektronik saat ini. Pada abad awal 20 an inilah, beberapa ilmuwan besar menemukan kenyataan baru tentang ilmu elektronika. Seperti Thomas Alva Edison yang menemukan bahwa elektron pada arus listrik ternyata mampu berpindah dari konduktor menuju konduktor lainyna dengan medium ruang hampa. Perkembangan-perkembangan dari ilmu elektronika tersebut terus berlanjut hingga saat ini yang menghasilkan perangkat elektronik dengan teknologi irit energi.