Penjelasan Mengenai Macam-macam Komponen Elektronika

Terdapat macam-macam komponen elektronika yang harus dipelajari ketika mendalami ilmu yang satu ini. Hal ini merupakan hal dasar yang harus diketahui. Akan sangat disayangkan ketika anda mempelajari ilmu elektronika tetapi tidak mengetahui hal-hal yang remeh seperti bentuk dari komponen atau fungsi dari setiap komponen yang digunakan dalam rangkaian.

komponen peralatan elektronika

Contoh Komponen Elektronika

Mengetahui setiap jenis komponen beserta dengan fungsinya akan menjadi penting untuk memudahkan anda ketika praktek merangkai suatu rangkaian elektronika atau melakukan perbaikan. Dalam artikel ini akan dibahas komponen-komponen dari rangkaian elektronika yang sederhana. Seperti resistor, kapasitor, induktor, dan lain sebagainya. Selain komponen-komponen tersebut, masih ada banyak komponen elektronika lainnya yang tidak kalah penting.

Macam-macam Komponen Elektronika Beserta dengan Fungsinya

Resistor termasuk ke dalam macam-macam komponen elektronika. Komponen yang satu ini merupakan penghantar yang dilambangkan dengan huruf R. Komponen ini didesain untuk memiliki besar tahanan tertentu. Resistor juga memiliki rumusnya sendiri yaitu R = V/VI. R merupakan lambang dari tahanan dengan satuan Ohm. Sedangkan V merupakan tegangan dengan satuan Volt dan I sebagai simbol dari arus dengan satuan ampere.

macam-macam komponen elektronika

Contoh komponen elektronika

Selanjutnya ada kapasitor yang memiliki fungsi untuk menyimpan muatan listrik yang dibentuk dari dua permukaan yang berhubungan tetapi kemudian dipisahkan dengan satu penyekat. Kapasitor memiliki banyak fungsi penting pada sebuah rangkaian elektronika. Fungsi kapasitor sebagai bagian dari macam-macam komponen elektronika antara lain, pertama sebagai kopling. Melihat sifat dasar dari kapasitor yang dilalui arus AC dan yang tidak dilalui arus DC bisa dimanfaatkan untuk memisah 2 buah rangkaian yang tidak berhubungan secara DC tetapi masih berhubungan secara AC. Selain itu kapasitor juga memiliki fungsi sebagai filter atau penyaring dalam rangkaian power supply.

Komponen elektronika yang selanjutnya ada transistor. Komponen satu ini digunakan sebagai penguat, sirkuit pemutus, dan penyambung, juga sebagai stabilisasi tegangan. Fungsi Transistor ini adalah sebagai semacam kran listrik. Ini didasarkan kepada arus input atau tegangan inputnya yang memungkinkan pengaliran listrik yang sangat akurat dari sirkuit sumber listriknya.

Jenis komponen elektronika yang selanjutnya adalah induktor. Biasanya induktor ini memiliki bentuk dasar sebuah kawat yang dililitkan menjadi sebuah koil. Induktor ini memiliki sifat yang disebut sebagai induktansi diri atau lebih sering juga disebut sebagai induktansi. Maksudnya adalah ketika arus meningkat, maka medan magnet juga akan meningkat mengikuti perbesaran dari arus.

komponen elektronika

Berbagai macam komponen elektronika

Masih ada lagi komponen yang disebut dioda. Komponen ini memperbolehkan arus listrik mengalir dalam suatu arah dan untuk menahan arus dari arah sebaliknya. Karena biasanya juga disebut sebagai penyearah. Lalu masih ada transformator yang berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan tegangan input dan menurunkan tegangan output. Transformator juga masuk ke dalam macam-macam komponen elektronika.