Rangkaian Alarm Rumah

Rangkaian Alarm Rumah tentu memiliki kegunaan dan fungsi yang sangat penting. Alarm biasnaya untuk menandakan tanda bahaya atau juga peringatan serta mencegah maling masuk ke dalam rumah anda. Tentu saja rangkaian alarm bisa memberikan peringatan yang akan berbunyi ketika terjadi penurunan atau kegagalan dalam penyampaian sinyal komunikasi data. Pastinya bunyi ini bisa memberikan peringatan kepada sang pemilik rumah tersebut. Tugas utama dari rangkaian alarm rumah ini untuk memberikan perinagtan jika terjadi bahaya dan atau kerusakan di sekitar area rumah anda. Sistem kerjanya jika jaringan melalui sinyal sehingga memberikan peringatan kepada area sekitarnya untuk segera diantisipasi.

Rangkaian alarm rumah ini biasanya dipasang di sekitar area rumah untuk memberikan rasa aman dari bahaya pencurian. Sistem ini tentu saja bisa melakukan monitoring atau pengawasan keamanan rumah dan bisa juga memberikan laporan kepada sang pemilik rumah jika terjadi tindakan atau hal-hal yang tidak diinginkan seperti ancaman kepada keamanan rumah. Sistem kerja rangkaian alarm ini di bagi menjadi 2, dengan Sensor infra merah dan juga alarm GSM.

Rangkaian Alarm Rumah

Gambar diatas merupakan skema rangkaian alarm rumah yang menggunakan perekam suara dimana menggunakan komponen IC di dalam rangkaian tersebut. Suara yang di gunakan bisa dalam bentuk peringatan yang bisa dihasilkan dengan cara merekam sendiri. Anda bisa merekam berbagai macam suara seperti sirine polisi hingga suara-suara peringatan lainnya.

Komponen IC ini memiliki fungsi untuk merekam suara tersebut selama 20 detik. Suara tersebut akan direkam oleh mikrophone yang diubah ke sinyal listrik seperti audio analog, yang diubah menjadi sinyal digital. Sinyal ini nanti akan disimpan di dalam memory EPROM. Sinyal digital ini nantinya akan diubah menjadi sinyal audio analog oleh komponen DAC yang akan dikeluarkan ke speaker.

Tentunya adanya rangkaian alarm rumah ini, juga sebaiknya diimbangi pengawasan terhadap banyaknya alarm-alarm palsu yang bisa menipu anda. Rangkaian alarm rumah disarankan ditempatkan di area-area yang cukup strategis agar mudah untuk dilihat dan dijangkau.

Leave a Reply