Rangkaian Amplifier Mini

Rangkaian Amplifier Mini merupakan rangkaian yang berfungsi untuk memperkuat sinyal audio dengan bentuk yang sederhana dan juga murah. Biasanya rangkaian amplifier sangat cocok untuk ditempatkan pada radio saku kecil dan juga pada perangkat gadget lainnya. Rangkaian amplifier mini atau bisa juga disebut rangkaian amplifier portabel ini akan menggunakan komponen semi konduktor IC TDA7052. Dan amplifier mini ini bisa dijalankan dengan hanya menggunakan baterai cell saja.

Komponen IC TDA7052 adalah komponen yang bertujuan untuk memperkuat hasil keluaran atau output mono yang masuk dalam paket DI Package atau biasa disebut DIP. Perangkat ini biasanya memang dirancang untuk dijalankan atau beroperasi dengan menggunakan baterai. Fitur dari komponen TDA 7052 sendiri akan memberikan kelebihan berupa tidak ada komponen eksternal yang dibutuhkan disini serta tidak adanya suara klik pada tombol switch on dan juga switch off. Stabilitas dari komponen ini secara keseluruhan sangat bagus dan juga memiliki konsumsi daya yang cukup rendaha yaitu 4m A dalam arus diam. Selain itu komponen ini juga rendah THD dimana tidak membutuhkan tambahan komponen pendingin dan juga memiliki hubungan arus pendek.

Gambar Skema Rangkaian Amplifier Mini

Rangkaian Amplifier Mini

Keuntungan lain dari komponen TDA 7052 ini adalah memiliki besaran yang tetap pada bagian internal dimana berada di kisaran 40 dB. Untuk melakukan pengimbangan tehadap pengurangan daya keluar atau output dikarenakan pasokan tegangan yang rendah, maka komponen TDA7052 ini akan menggunakan prinsip BTL atau memiliki kepanjangan Bridge Tied Load dimana prinsip ini bisa memberikan output sekitar 1 hingga 2 W RMS ( dimana THD = 10%) dengan mengubah beban menjadi 8 Ohm dengan hanya menggunakan power supply sebesar 6 V.

Komponen potensiometer yang terdapat di dalam rangkaian ini biasanya akan digunakan untuk melakukan kontrol volume pada komponen C1 dan juga C2. Sementara kapasitor akan digunakan untuk untuk menyaring tegangan. Namun jika mengguknakan baterai, maka komponen C1 dan C2 pada rangkaian amplifier mini tidak akan berfungsi. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Skema Rangkaian Amplifier, Rangkaian Sirine Polisi dan Rangkaian Amplifier Stereo.

No Responses

Leave a Reply