Rangkaian Amplifier Stereo

Rangkaian Amplifier Stereo adalah rangkaian elektronika yang menghasilkan suara stereo dengan besaran tegangan tertentu. Seperti contoh pada rangkaian amplifier stereo 20 Watt 12 Volt yang memberikan keterangan bahwa rankaian amplifier ini bisa menghasilkan suara dengan besaran daya output sebesar 20 watt RMS pada beban speaker sebesar 8 Ohm dari sumber tegangan 12 Volt DC. Untuk rangkaian amplifier stereo 20 Watt dan 12 Volt ini menggunakan komponen IC Power TDA7377V dan juga penguat operasional TL074.

Rangkaian Amplifier Stereo

Gambar Skema Rangkaian Amplifier Stereo

Pada skema rangkaian amplifier stereo 20 Watt 12 Volt ini, telah dilengkapi dengan beberapa tombol seperti tone control dengan tipe baxandall yang diperkuat dengan penguat operasional IC TL074 yang sudah low noise. Sementara untuk komponen tombol pengatur bass dan treble, dilengkapi dengan komponen IC power TDA7377V. Fungsi dari power amplifier stereo TDA7377V ini utnuk menguatkan sinyal audio dari tone control ke loud speaker yang sudah terhubung. Pada rangkaian ini TDA7377V akan berperan besar dimana komponen ini memiliki daya output 20 volt dengan beban 8 Ohm. Pada bagian tone atau tombol control yang berfungsi untuk mengatur besaran bass dan treble, tone control baxandall TL074 ini akan diberikan power oleh komponen TDA7377V tersebut.

Skema Rangkaian Amplifier Stereo

Anda bisa membuat sendiri Rangkaian Amplifier Stereo yang tentunya menggunakan bahan atau komponen yang mudah didapat di toko elektronik. Dengan memperhatikan bentuk serta skema Rangkaian Amplifier Stereo tersebut, anda bisa mempraktekkannya. Pada gambar diatas diperlihatkan skema pemasangan di PCB untuk Rangkaian Amplifier Stereo. Pada rangkaian tersebut, anda bisa menggunakan sumber tegangan DC sebesar 12 Volt yang berasal dari aki atau power supply dan adaptor sebesar 12 Volt. Selain di dalam ruangan, rangkaian amplifier ini bisa juga dibawa-bawa atau portable dengan menggunakan sumber daya DC sebesar 12 Volt dari baterai. Tentunya akan sangat mengasyikkan menggunakan speaker buatan dan karya anda sendiri. Itulah sedikit informasi mengenai rangkaian amplifier stereo yang bisa anda praktekkan sendiri. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Amplifier Sederhana, Rangkaian Audio Mixer dan Rangkaian Amplifier Mini.

No Responses

Leave a Reply