Rangkaian Analog

Rangkaian Analog merupakan salah satu jenis rangkaian di dalam perangkat atau ilmu kelistrikan dan juga elektronika. Selain rangkaian analog, ada juga rangkaian digital dan juga rangkaian hybrid yang memang selalu menjadi salah satu rangkaian yang digunakan di dalam sebuah perangkat elektronik. Rangkaian analog sendiri memiliki pengertian sebagai rangkaian di dunia elektronika yang akan disusun atau terdiri dari berbagai macam komponen listrik serta komponen elektronika dan juga komponen mekanik yang mempunyai fungsi serta tugas dan juga kegunaan tertentu dimana besaran pada input atau masukan ke dalam rangkaian tersebut akan melalui proses yang hasilnya akan berupa analog. Salah satu rangkaian atau perangkat elektronik yang menggunakan rangkaian analog adalah multimeter analog.

Gambar Skema Rangkaian Analog

Rangkaian Analog

Sementara untuk sifat dari rangkaian analog sendiri adalah:

– Berkelanjutan atau kontinyu
– Memiliki perubahan output atau keluaran yang terjadi secara perlahan – lahan hingga akhirnya terjadi perubahan
– Proses terjadinya perubahan tersebut di setiap titik pengukuran akan memiliki alur yang berbeda dan tentunya bisa menghasilkan hasil pengukuran yang berbeda pula. Hal ini tentu saja harus dilakukan dengan tidak sejalur atau tidak sealiran.
– Rangkaian ini sendiri akan menghasilkan output atau keluaran yang berbeda. Dan tentu saja harus berdasarkan posisi bacanya yang berbeda.
– Nilai komponen yang digunakan di dalam rangkaian analog ini sendiri sangat berpengaruh kepada hasil pengukuran dari rangkaian analog itu sendiri.

Sementara untuk rangkaian digital sendiri memiliki pengertian sebagai rangkaian elektronika yang akan tersusun dari berbagai macam rangkaian listrik dan juga elektronika serta rangkaian mekanik yang mempunyai tugas dan juga fungsi tertentu dimana besaran dari hasil keluaran atau output adalah kuantitas digital.

Sifat dari rangkaian digital sendiri adalah:

– Besaran dari rangkaian digital akan ditunjukkan step by step
– Di dalam rangkaian digital tersebut, setiap titik pengukuran hanya menghasilkan 2 nilai 0 dan atau 1.
– Hasil keluaran dari rangkaian digital hanya ada 1 data.
– Nilai komponen di dalam rangkaian digital tidak berpengaruh.

Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian analog, semoga rangkaian kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Walkie Talkie, Rangkaian LM35, Rangkaian Listrik Dinamis dan Rangkaian Penguat Transistor.

No Responses

Leave a Reply