Rangkaian Anemometer Digital

Rangkaian Anemometer Digital adalah rangkaian elektronik yang digunakan untuk mengukur kecepatan angin. Rangkaian ini biasanya di gunakan dalam bidang Meteorologi dan Geofisika atau pun stasiun prakiraan cuaca. Anemometer sendiri berasal dari kata Yunani, yaitu Anemos yang berarti angin. Orang pertama kali yang menemukan rangkaian ini adalah Leon Battista Alberti pada tahun 1450. Selain untuk mengukur kecepatan angin, rangkaian anemometer juga dapat digunakan untuk mengukur besarnya tekanan yang di hasilkan angin itu sendiri.

Anemometer adalah alat yang berguna untuk mengukur kecepatan angin, karena angin merupakan udara yang dapat bergerak ke segala arah dari suatu tempat menuju tempat lain. Jika pergerakan angin yang dihasilkan normal, angin sangat berguna bagi manusia, tapi jika angin yang dihasilkan tidak sesuai aturan atau tidak normal angin akan menjadi bencana bagi manusia, contohnya badai, angin topan, angin puyuh, puting beliung dan tornado.

Di negara-negara berkembang, pemanfaatan energi angin dari rangkaian anemometer digital sebagai sumber energi alternatif nonkonvensional karena sudah mendapatkan perhatian khusus. Angin merupakan sumber energi yang tidak akan pernah habisnya sehingga pemanfaatan sistem konversi energi angin akan berdampak positif terhadap lingkungan.

Rangkaian Anemometer Digital

 

Gambar Skema Rangkaian Anemometer Digital

Seperti kita ketahui, angin adalah udara yang bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya. Angin berhembus dikarenakan beberapa bagian bumi mendapat lebih banyak panas matahari dibandingkan tempat yang lain. Permukaan tanah yang panas membuat suhu udara di atasnya naik. Akibatnya udara mengembang dan menjadi lebih ringan. Karena lebih ringan dibanding udara disekitarnya, udara akan naik. Begitu udara panas tadi naik, tempatnya segera digantikan oleh udara disekitarnya, terutama udara dari atas yang lebih dingin dan berat. Proses ini terjadi terus-menerus, akibatnya kita bisa merasakan adanya pergerakan udara atau yang kita sebut angin.

Rangkaian anemometer digital ini dirancang untuk mengukur dan merekam kecepatan angin distribusi 0-17 meter + per detik. Ia dirancang untuk keandalan yang tinggi, kemudahan konstruksi, dan untuk berbagai macam lingkungan. Data login selama 30,46 hari (1 / 12 dari satu tahun), dan kemudian disimpan selama 11 bulan. Data dapat diambil dengan komputer laptop setiap saat dalam 12 bulan penebangan. Windmeter adalah diri bertenaga oleh sebuah panel surya dan baterai. Demikian penjelasan singkat dari rangkaian anemometer digital, baca juga artikel elektronika lainnya tentang Rangkaian Kompas Digital dan Rangkaian Inverter 12 Volt.

Leave a Reply