Rangkaian ATS

Rangkaian ATS ini merupakan rangkaian yang bergerak atau bekerja secara otomatis yang berfungsi untuk memindahkan sumber tegangan dari daya PLN ke genset atau generator jika saja terjadi putusnya sumber tegangan PLN tersebut. Bila Anda mempunyai catu daya yang juga memiliki power cadangan dimana menggunakan sumber dari PLN serta mempunyai power Backup menggunakan generator penggerak menggunakan diesel dan juga bensin, tentu saja akan lebih mudah jika mengganti kedua sumber tersebut dengan cara otomatis. Dan tentu saja dengan menggunakan handle Cam Switch atau COS ( Change Over Switch ) bisa melakukan pemindahan sumber daya tegangan tersebut.

Rangakain ATS ini merupakan salah satu rangkaian otomatis yang terdapat di genset yang tentu saja biasa disebut ATS atau rangkaian Auto Transfer Swith yang mempunyai fungsi secara otomatis untuk memindahkan sumber daya tegangan sesuai dengan kebutuhan anda. Biasanya di rangkaian ATS ini akan diberikan perangkat tambahan yaitu AMF atau Automatic Main Failure yang bisa juga digunakan untuk melakukan kontrol kendali di generator backup yang bisa mengaktifkan genset atau generator tersebut.

Rangkaian ATS

Gambar Skema Rangkaian ATS

Di dalam rangkaian ATS genset sendiri biasanya akan di bedakan berdasarkan dari kapasitas daya yang memang dibutuhkan serta nilai Ampere yang akan mengaliri dari panel ATS ini. Untuk merangkai Rangkaian ATS ini tidak terlalu rumit bagi yang memahami dasar elektronika dan listrik. Namun rangkaian ATS ini memang membutuhkan penalaran logika dari dunia matematika ketika merangkai Timer dan relay hingga kontraktor pada rangkaian ATS tersebut.

Fungsi dari rangkaian ATS ini memang memiliki sangat sederhana. Rangkaian ATS ini akan bekerja dan juga aktif saat sumber listrik dari PLN mati dan juga mengalami masalah. Dan di rangkaian ATS tersebut juga bertugas untuk menghidupkan listrik dari salah satu sumber tegangan ini. Ketika sumber tegangan dari PLN hidup, rangkaian ATS ini akan menon aktifkan generator dan kembali mengaktifkan listrik dari PLN. Rangkaian ATS ini memang berfungsi untuk memudahkan kerja anda dan juga bisa memindahkan serta mengaktifkan generator dan atau ketika PLN mengalami pemutusan tegangan.

No Responses

  1. Pingback: Rangkaian Bel Rumah | Rangkaian Elektronika December 15, 2013

Leave a Reply