Rangkaian Audio Mobil

Rangkaian Audio Mobil tentu sudah sering anda jumpai di bengkel-bengkel audio. Dan dari namanya saja tentu anda sudah tahu fungsi utama dari rangakai audio mobil ini. Rangkaian audio mobil ini berfungsi untuk membuat suara audio di mobil anda menjadi lebih menggelegar dan juga memiliki suara yang asik dan nyaman untuk didengar. Dan untuk membuat rangkaian audio mobil ini, disarankan untuk memulai dari rangkaian power subwoofer di dalam mobil anda. Untuk membuat rangkaian anda sendiri, komponen IC LA 4440 bisa anda gunakan. Dan tentu saja sangat mudah untuk menemukan komponen tersebut.

Komponen IC LA 4440 ini memiliki bentuk BTL yang menggunakan pasif low filter atau biasa disingkat LPF dimana memiliki daya sebesar 12 dB. Mengapa menggunakan LPF ? Pasalnya Low Phase Filter atau LPF ini tidak mengubah dan membuat suara aslinya hilang. Anda bisa mendengar suara asli dari audio meskipun ditambahkan beberapa equalizer dari audio tersebut. LPF hanya akan menarik frekuensi rendah yang akan di alirkan ke rangkaian dari subwoofer ini. Dan tentu saja bisa mengurangi noise.

Gambar Skema Rangkaian Audio Mobil

Rangkaian Audio Mobil

Pada komponen IC LA 4440 ini, akan menghasilkan stereo dengan nilai 2 x 6 watt. Dan tegangan sebesar 19 watt ini akan menghasilkan suara bass yang sangat kuat di audio mobil anda. Bagi para bass lover, tentu akan sangat menyukai rangkaian ini. Rangkaian ini juga bisa digunakan sebagai speaker jika anda tidak terlalu suka audio yang lebih dominan bass. Selain untuk meningkatkan suara bass, rangkaian audio mobil atau subwoofer ini bisa untuk speaker biasa.

Untuk melakukan perhitungan pada frekunsi di LPF nya, anda bisa menggunakan rumus :

½ x pi x r x c

Dimana nilai pi ini adalah 3.14. sementara besaran R atau resistor ditentukan dalam Ohm sedangkan kapasitor atau C ditentukan dalam besaran Farad. Dan nilai atau besaran dari resistor dan juga kapasitor bisa disesuaikan dengan selera anda. Apakah ingin suara yang lebih ngebass atau frekuensi rendah dan juga frekuensi tinggi.

Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian audio mobil, semoga rangkaian kali ini dapat berguna dan bermanfaat. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Sederhana, Rangkaian Bel Rumah dan Rangkaian Pneumatik.

No Responses

  1. Pingback: Rangkaian Sederhana | Rangkaian Elektronika September 3, 2014

Leave a Reply