Rangkaian Audio

Rangkaian Audio atau biasa disebut amplifier ini tentu sudah tidak asing di telinga anda. Setiap saat anda tentu bisa melihat bentuk dari rangkaian audio ini. Dan rangkaian yang juga bisa anda temukan serta anda buat sendiri adalah Rangkaian Mini Audio Amplifier. Rangkaian mini audio amplifier ini adalah rangkaian yang berfunsi untuk penguat audio sederhana dan juga memiliki harga yang relatif murah dan juga sangat cocok untuk dipasangkan pada radio saku kecil atau mp3 dan juga gadget lainnya. Rangkaian audio amplifier ini bersifat portabel yang menggunakan komponen semikonduktor IC TDA 7052. Dan sifatnya yang portabel, tentu baterai menjadi sumber tegangan yang bisa mengaktifkan rangkaian ini.

Komponen IC TDA 7052 ini memiliki fungsi sebagai komponen yang akan memperkuat output mono  yang masuk di dalam paket DI Package atau DIP. Dan komponen ini memang sudah didesain atau dirancang utnuk menggunakan baterai untuk mengoperasikannya. Fitur dari komponen TDA 7052 ini tidak ada komponen eksternal yang dibutuhkan serta tidak ada suara noise dan juga suara klik dari saklar switch-on dan switch-off. Sementara untuk stabilitas dari komponen ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Komponen ini sangat rendah konsumsi daya serta rendah THD dan juga tidak diperlukannya lempeng pendingin.

Rangkaian Audio

Sedangkan keuntungan dan keunggulan lain dari komponen TDA 7052 ini adalah memiliki secara internal pada besaran 40 dB. Penggunaan prinsip Bridge-Tied Load (BTL) digunakan untuk melakukan keseimbangan dan juga pengurangan daya output karena tegangan yang rendah dari TDA7052. Tentu saja hal ini dapat memberikan output sekitar 1 sampai 2 W RMS hingga menjadi beban sekitar 8 Ohm dengan menggunakan power supply sebesar 6 V.

Sementara untuk rangkaian potensiometer di rangkaian ini bisa digunakan untuk melakukan kontrol pada volume C1 dan C2. Kapasitor digunakan untuk menyaring besaran voltase jika baterai digunakan untuk operasi. Untuk pasokan yang mengunakan baterai, tentu saja komponen C1 dan juga C2 sudah tidak diperlukan. Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian audio, semoga rangkaian kali ini berguna dan bermanfaat.

No Responses

Leave a Reply