Rangkaian Bel Rumah

Rangkaian Bel Rumah biasanya menggunakan komponen IC NE 555. Fungsi dari komponen tersebut akan bekerja ketika ada seseorang yang menekan tombol atau saklar S1 tersebut. Ketika menerima sinyal tersebut, speaker akan langsung berbunyi dan juga akan langsung terdengar selama selang periode tertentu dengan menggunakan multivibrator monostable atau biasa disebut IC1. Saat komponen saklar S1 ditekan, komponen IC1 akan dipicu oleh pin 2 dan juga pin output 3 dengan logika high untuk jangka waktu tertentu yang waktunya akan ditetapkan oleh nilai R4 dan juga POT R5. Saat output dari IC1 logika high tersebut melakukan reset di komponen IC2. Komponen tersebut akang langsung berosilasi untuk memunculkan suara bel melalui komponen IC2 yaitu speaker. Komponen tersebut akan dikonfigurasi sebagai multivibrator astabil osilasi frekuensi yang tentu saja bisa divariasikan dengan bantuan komponen POT R5. Dan semua hal tersebut akan menyesuaikan dengan nilai dari R4 & R5.

Gambar Skema Rangkaian Bel Rumah

Rangkaian Bel Rumah

Komponen IC NE 555 yang memiliki 8 pin atau kaki ini merupakan salah satu komponen elektronika yang memang sudah lama dikenal dan juga memang menjadi salah satu komponen yang sering digunakan di beberapa rangkaian standard dan juga sederhana serta memiliki fungsi yang serba guna dengan ukurannya yang memang memiliki besaran kurang dari 0.5 cm3 atau sentimeter kubik. Dasar dari aplikasi utama komponen IC NE 555 tersebut memang sering digunakan sebagai Timer atau pengatur waktu. Oleh sebab itu komponen ini akan melakukan operasi di rangkaian bel rumah IC ini yang mempunyai fungsi sebagai monostable dan juga Pulse Generator atau komponen Pembangkit Pulsa dengan melakukan operasi astable. Fungsi lainnya tentu saja bisa digunakan sebagai Time Delay Generator dan juga Sequential Timing di dalam rangkaian tersebut.

Sementara untuk potensiometer sendiri bisa diganti dengan menggunakan komponen resistor variable yang tentu saja bisa mengirit tempat untuk board PCB. Sementara saklar pada gamabr diatas memiliki fungsi sebagai switch guna memicu rangkaian bel rumah yang menggunakan variasi suara. Baca juga artikel rangkaian elektronika lainnya, seperti Rangkaian ATS, Rangkaian Sensor Air dan Rangkaian Arus Listrik.

No Responses

  1. Pingback: Fungsi Resistor | Rangkaian Elektronika December 16, 2013

Leave a Reply