Rangkaian CCTV

Rangkaian CCTV adalah sebuah rangkaian kamera pengawas yang memiliki fungsi untuk mengintai dan juga mematai-matai beberapa area atau daerah yang terlingkupi oleh rangkaian CCTV tersebut. Ada banyak tipe CCTV yang dijual di pasaran. Namun tentu saja memiliki harga yang cukup mahal. Namun anda bisa membuat dan merangkai sendiri rangkaian CCTV yang bisa membuat pengawasan berjalan dengan sempurna. Salah satunya adalah rangkaian CCTV yang berfungsi untuk mengontrol HP untuk diuba menjadi alat mata-mata atau rangkaian CCTV. Rangkaian ini sendiri menggunakan cara yang sangat sederhana, hanya dibutuhkan beberapa komponen untuk membuat rangkaian CCTV ini.

Beberapa komponen yang dibutuhkan adalah :
– Komponan IC PIC 16F84 yang berfungsi untuk menyimpan program spionase.hex
– Komponen resistor ( 3 buah )
– Komponen Resonator 4 MHz
– Komponen Opto Coupler PC 817
– Komponen Regulator dengan besar 5 Volt 7805
– Baterai dengan besar 9 Volt

Untuk merangkainya, di bagian depan alat akan dilengkapi dengan komponen Opto coupler PC817 yang terhubung langsung dengan kaki LED dari handphone. Sambungkan 2 kabel ke bagian LED, jika kondisi hanphone tersebut hidup, segera ukur dengan menggunakan alat yang bernama multimeter untuk menentukan kabel positif ( + ) dan juga kabel negatif ( – ) yang terdapat di dalam bagian LED tersebut.

Gambar Skema Rangkaian CCTV

Rangkaian CCTV

Komponen Opto coupler yang kedua di bagian pada outputnya akan dihubungkan dengan tombol guna mengangkat handphone jika ada panggilan atau message yang masuk. Cara kerja dari rangkaian CCTV ini dengan cara jika anda menelepon alat atau rangkaian yang dibuat ini, maka panggilan akan segera diterima dengan baik oleh handphone tersebut sehingga anda sendiri bisa langsung mendengarkan keadaan dengan mengandalkan suara di dalam ruangan tersebut menggunakan microphone yang terdapat di handphone.

Jika Handphone tersebut tidak mendapat jawaban ketika ada panggilan yang masuk akibat tidak ada orang yang mendengar, maka dibutuhkan alat tambahan yang bisa menjawab langsung pangilan tersebut. Komponen mikrokontroler sebagai jawabannya. Demikian penjelasan singkat tentang rangkaian CCTV, semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Sensor Ultrasonik, Rangkaian Multivibrator dan Rangkaian AVR.

No Responses

  1. Pingback: Rangkaian LM35 | Rangkaian Elektronika January 6, 2014

Leave a Reply