Rangkaian Charger Aki

Rangkaian charger aki memiliki komponen atau rangkaian yang sederhana dengan biaya atau budget yang relatif lebih terjangkau. Sebenarnya cara kerja charger aki sendiri adalah mengubah arus listrik AC menjadi DC. Dan tegangan tersebut bisa digunakan untuk charger aki tersebut. Anda bisa mencari berbagai sumber atau pembelajaran bagaimana cara untuk membuat rangkaian charger aki sederhana. Apalagi bagi orang awam dan tertarik dengan dunia elektronik, rangkaian ini bisa menjadi salah satu ujicoba yang menarik.

Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa fungsi atau cara kerja charger aki sendiri untuk mengubah arus listrik. Dan tentu saja di dalam komponen dari charger aki ini membutuhkan trafo atau transformator. Fungsi dari trafo atau transformator sendiri adalah untuk menurunkan tegangan arus dari AC ke DC.

Rangkaian Charger Aki

Skema diatas adalah gambar rangkaian charger aki dengan sistem yang cukup sederhana. Di skema tersebut terdapat trafo dan dioda yang memiliki fungsi dan tugasnya sendiri. Dioda digunakan untuk menyearahkan tegangan yang dihasilkan oleh trafo yang bertugas mengubah daya tegangan dari AC ke DC sesuai kebutuhan. Dan biasanya untuk menyesuaikan atau memilih besaran tegangan, terdapat saklar yang digunakan untuk memilih besaran tegangan tersebut.

Skema diatas menggunakan trafo CT 10 A yang memudahkan anda untuk melakukan charger bagi aki sepeda motor dan juga mobil. Sementara jika anda tidak menggunakan trafo CT namun menggunakan trafo non CT, disarankan untuk menggunakan tegangan sekitar 15 volt agar aliran listrik bisa sampai ke aki. Namun tentunya sesuaikan terlebih dahulu jenis aki yang ingin anda isi sebelum membuat rangkaian charger aki ini. Pasalnya prinsip dari proses terjadinya arus listrik atau pengisian ini adalah harus ada perbedaan tegangan listrik diantara keduanya. Dan biasanya charger aki memiliki daya tegangan yang lebih besar di banding aki itu sendiri. Jika besaran aki anda 12 volt sementara charger aki anda memiliki nilai tegangan yang sama, tentu saja proses pengisian tidak akan berhasil.

No Responses

Leave a Reply