Rangkaian Charger Otomatis

Rangkaian Charger Otomatis biasanya digunakan untuk melakukan pengisian ulang terhadap beberapa perangkat elektronik seperti aki dan juga baterai. Yang biasa digunakan tentu saja rangkaian untuk pengisian ulang aki. Aki merupakan sebuah rangkaian yang di gunakan pada kendaraan bermotor. Rangkaian charger otomatis ini tentu saja digunakan untuk melakukan proses pengisian kepada aki disaat aki tersebut sudah habis. Peran aki memang cuku penting di dunia kendaraan bermotor dan juga elektronika. Dan tentu saja peran aki jadi perhatian penting dan juga perlu mendapat perawatan.

Untuk mengetahui apa saja ciri-ciri ketika aki sudah mulai rusak dan tidak bisa menyimpan arus, perhatian dari suara klakson yang tidak lagi nyaring. Bisa juga dengan starter mobil yang tidak lancar serta sinar lampu yang juga kurang terang dimana merupakan salah satu penyebab kurangnya tegangan di dalam aki itu sendiri.

Rangkaian Charger Otomatis

Rangkaian automatic lead acid baterry charger atau biasa disebut rangkaian charger otomatis, merupakan salah satu perangkat yang digunakan untuk melakukan pengisian ulang. Pemberian arus ke aki secara konstan, akan memutus secara otomatis jika tegangan di aki telah penuh. Dan inilah tugas serta fungsi di dalam rangkaian charger otomatis tersebut.

Rangkaian automatic charger atau rangakain charger otomatis ini bisa digunakan untuk pengisian ulang pada aki 6 Volt, 12 Volt dan juga 24 volt yang tergantung dari trimpot vr. Isi maksimal dari aki yang bisa diisi adalah 60 ah. Komponen scr bisa di ganti dengan jika ingin mendapatkan pengisian yang lebih besar dari 60 ah. Dan tentu saja jenisnya berbeda dengan scr di dalam rangkaian aki tersebut . Pada rangkaian charger otomatis ini, di dalam rangkaian tersebut tidak menggunakan relay yang beguna untuk pemutus arus di kala melakukan pengisian aki tersebut. Pada rangkaian charger otomatis ini atau biasa disebut automatic charger, menggunakan komponen scr yang memiliki nilai ketahanan cukup baik dibandingkan dengan relay. Sehingga nyala aki menjadi lebih awet.

Leave a Reply