Rangkaian DAC

Rangkaian DAC adalah sebuah perangkat yang biasa memiliki fungsi untuk mengkonversi sinyal masukan ke dalam bentuk digital. Dan sinyal ini akan diubah menjadi output dalam bentuk analog. Output tersebut biasanya sebanding dengan nilai digital yang masuk ke dalam DAC tersebut. Rangkaian DAC akan menerima informasi digital dan melakukan transformasi ke dalam bentuk tegangan analog.

Konverter D/A memang bisa digunakan untuk mengonversi sebuah tegangan digital ke dalam tegangan analog dengan cara memberikan skala output analog yang memiliki besaran nol. Ketika semua bit adalah nol dan sejumlah nilai maksimum adalah satu, maka transormasi akan berhasil. Aplikasi DAC biasanya juga digunakan sebagai rangkaian pengendali yang akan membutuhkan input analog seperti AC ataupun DC. Dan biasanya DAC digunakan untuk mengendalikan perangkat computer.

Rangkaian DAC

Saat ini hampir semua rangkaian DAC adalah rangkaian terintegrasi atau IC yang memiliki karakteristik input dan output tertentu. Karakteristik tersebut biasanya dapat diringkas sebagai berikut :

Input Digital

Catu Daya
Merupakan bipolar pada level kurang lebih 12 V hingga 18 V sama seperti yang digunakan untuk amplifier internal.

Suplai Referensi
Suplai ini bisa menentukan jangkauan dari tegangan output dan juga resolusi dari konverter. Diwajibka suplai ini bisa stabil dan juga memiliki riple yang kecil.

Output
Tegangan di DAC ini akan mengalami perubahan dengan cara yang sama seperti perubahan pada bit input digital. Output dapat berupa bipolar jika konverter tersebut memiliki desain yang berfungsi guna menginterpretasikan input digital negatif.

Offset
Biasanya DAC diimplementasikan dengan op amp. Bisa jadi ada kemungkinan tegangan output akan melakukan offset dengan sebuah input nol. Koneksi ini akan diberikan guna mendukung pengontrolan ke harga nol dari output DAC tersebut dengan input word yang bernilai nol.

Memulai konversi
Pada rangkaian DAC ini akan memberikan sebuah logika yang akan mempertahankan konversi saat terjadinya hingga diterimanya perintah logika tersebut, entah itu 1atau 0. Dalam hal tertentu, pastinya sebuah buffer input akan diberikan untuk memegang word digital selama kegiatan konversi selesai.

Leave a Reply