Rangkaian Digital

Rangkaian Digital adalah rangkaian yang menggunakan signal digital sebagai nilai diskrit. Signal digital merupakan signal yang terputus-putus. Dalam sebuah sirkuit digital, biasanya dilambangkan dengan satu atau dua macam kondisi yaitu 1 (high, aktive, true) dan 0 (low, nonactive, false). Notasi 1 melambangkan terjadinya hubungan sedangkan notasi 0 melambangkan tidak terjadinya hubungan. Jika digambarkan dalam tegangan 1 berarti tegangan maksimum (umumnya 5 volt atau 3 volt) dan tegangan 0 minimum (umumnya 0 volt, tapi ada juga yang 2,5 volt).

Sebagai contoh yang paling gampang adalah saklar lampu. Pada saat ditekan tombol ON maka langsung terjadi hubungan sehingga dinotasikan sebagai angka 1. Ketikan kita menekan tombol OFF maka akan berlaku sebaliknya atau tidak terjadi hubungan. Contoh lainnya yang akan kita bahas adalah rangkaian BCD yang merupakan rangkaian logika kombinasional. Rangkaian ini digunakan untuk mengkonversi suatu bilangan desimal terkode biner ke pola segmen yang sesuai.

Rangkaian Digital

Gambar Skema Rangkaian Digital

BCD (Binary Coded Decimal) adalah penulisan angka desimal yang pada setiap digitnya akan di presentasikan dengan bilangan biner. BCD juga biasanya dipresentasikan oleh 4 digit bilangan biner antara angka 0 sampai 9. COntoh dari penulisan BCD adalah
15 = 0001 0101
347 = 0011 0100 0111

Rangkaian Digital merupakan sebuah aplikasi yang banyak digunakan pada berbagai bidang seperti handphone, komputer dan perangkat elektronik lainnya. Mengapa Rangkaian Digital banyak digunakan pada perangkat elektronik?? Karena digital mempunyai beberapa keuntungan.

Salah satu keuntungan dari penggunaan rangkaian digital adalah sistem yang digunakan mempunyai perangkat antar muka yang mudah untuk dikendalikan dengan komputer maupun perangkat lunak. Itu sebabnya penyimpanan informasi yang dilakukan jauh lebih mudah dilakukan dalam sistem digital dibandingkan dengan analog.

Namun, dibalik keuntungan tersebut, rangkaian ini juga memiliki kekurangan antara lain energi yang digunakan setiap menggunakan rangkaian ini cukup banyak, selain itu komponen yang digunakan lebih mahal dan sangat mudah sekali rapuh. Demikian penjelasan singkat tentang rangkaian digital dan beberapa jenis rangkaian elektronika digital. Semoga rangkaian kali ini beguna dan bemanfaat bagi pembaca. Baca juga artikel elektronika lainnya, seperti Rangkaian Amplifier, Rangkaian RLC dan Rangkaian Elektronika Sederhana.

No Responses

  1. Pingback: Rangkaian Analog | Rangkaian Elektronika January 7, 2014
  2. Pingback: Rangkaian Digital - Komponen Elektronika February 5, 2014

Leave a Reply