Rangkaian Dioda Zener

Rangkaian Dioda Zener atau dioda zener merupakan sebuah komponen yang termasuk dalam tipe dioda dengan ciri-ciri yang cukup unik. Keunikan dari dioda jenis ini adalah mampu mengalirkan arus listrik dalam sebuah rangkaian elektronika dengan mengalirkan arus ke arah yang berlawanan apabila terjadi sebuah tegangan yang melebihi batas tegangan zener. Selain itu, dioda dengan jenis ini juga mampu menjadi stabilisator dalam sebuah rangkaian elektronika. Namun begitu, secara umum dari jenis dioda ini memiliki kesamaan dengan kebanyakan jenis dioda lainnya.

Dioda jenis ini biasanya dipasangkan secara seri dengan satu komponen resistor agar dapat menghasilkan sumber tegangan ac dengan cara pemasangan yang tebalik, yang kemudian keluaran dari dioda ini nantinya akan dibatasi sesuai dengan nilai yang terdapat pada diode tersebut. Pada rangkaian diode zener kita dapat merancang sebuah alat uji dengan memakai sebagian rangkaian dari komponen elektronik. Selain itu, kita juga dapat menggunakan alat uji dioda zener dan juga multimeter untuk mengukur dan memastikan tegangan ambang presisi pada dioda zener.

Rangkaian Dioda Zener

Gambar Skema Rangkaian Dioda Zener

Kita dapat menggunakan sebuah alat bernama voltmeter DC untuk mengetahui voltase dioda zener, dengan terlebih dahulu menyambungkan secara paralel pada dioda zener. Seperti pada gambar skema pada sebuah rangkaian alat uji diode zener dibawah ini, apabila kontak S1 ditutup, resistansi pada R1, T1 dan diode zener memberikan arus. Untuk basis resistor T1 tersambung ke catu daya melewati R4 hingga transistor beroperasi. Untuk arus zener yaitu sama dengan rasio voltase basis emitor dari Q2 serta nilai resistansi R1. Dengan tegangan suplay hingga 25 volt pada tombol aktuasi S1-S3, arus yang melewati dioda zener memiliki nilai lebih kurang 2.2,6 serta 22 Ma. Resistansi pada R2 dan R3 atau gabungan dari R1, R2, dan R3 dapat disambungkan pada area R1 dengan S2-S3 sampai melewati dioda zener arus kontan.

Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian dioda zener, semoga rangkaian kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Alarm Kebakaran, Rangkaian Analog, Rangkaian Walkie Talkie dan Rangkaian LM35.

No Responses

Leave a Reply