Rangkaian Driver Relay

Rangkaian Driver Relay memiliki arti sebagai rangkaian elektronika yang biasanya digunakan untuk mengendalikan serta pengoperasian sesuatu dari jarak jauh atau semacam remote. Tentunya rangkaian ini bisa mempermudah dan juga memperlancar pekerjaan yang memang kadang membutuhkan rangkaian dari relay ini. Dengan menggunakan rangkaian relay tersebut, anda bisa melakukan kontrol dan juga mengoperasikan perangkat elektronik yang anda miliki dari jarak jauh dan tentu saja anda tidak perlu bergeser serta berpindah tempat duduk.

Rangkaian relay ini bisa juga dipasang atau diterapkan di dalam berbagai peralatan atau perangkat elektronik. Perangkat seperti televisi, radio transmitter, sound sistem dan juga perangkat lainnya. Dan rangkaian driver relay ini bisa anda temukan di beberapa toko elektronik yang tentu saja bisa anda temukan dengan mudah. Namun anda sebenarnya bisa juga membuatnya sendiri dengan menggunakan beberapa komponen yang tentu saja tidak akan sulit ditemukan.

Rangkaian Driver Relay

Did alam skema atau juga gambar Rangkaian Relay Driver tersebut, anda membutuhkan beberapa komponen seperti transistor NPN SM 548. Sementara untuk cara kerja rangkaian Driver Relay ini adalah sebagai berikut. Relay akan dihubungkan diantara rel positif dan juga kolektor dari transistor. Sinyal input akan melewati komponen resistor 1 K ke dasar transistor. Ketika sinyal input masuk, tentu saja sirkuit akan bekerja dan akan menarik relay. Pada rangkaian ini anda bisa menambahkan komponen kapasitor elektrolitik 470 uF yang diletakkan pada bagian dasar transistor driver relay tersebut. Akan ada jeda singkat di dalam rangkaian tersebut. Dan jeda singkat ini dapat diinduksi dengan baik sehingga komponen transistor akan kembali aktif dengan syarat jika sinyal input bertahan.

Jika sinyal input berhenti mengalir, transistor akan tetap melakukan hal tersebut sampai pembuangan kapasitor selesai sepenuhnya. Tentu saja guna menghindari relay aktif dan juga mengubah arah dengan beralih dari relay. Komponen kapasitor lain 470uF akan ditambahkan secara paralel dengan kumparan relay. Hal ini untuk mempertahankan arus yang melalui kumparan relay sehingga akan mengaktifkan relay. Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian driver relay, semoga rangkaian kali ini berguna dan dapat bermanfaat.

Leave a Reply