Rangkaian Elektronika LED Sederhana

Elektronika LED

LED

Rangkaian elektronika LED adalah salah satu rangkaian lampu yang sering kita jumpai di sekitar kita. Contoh dari rangkaian LED adalah plakat berjalan yang biasanya dijadikan untuk sarana penarik customer di beberapa toko. Rangkaian LED untuk plakat berjalan termasuk rangkaian LED yang rumit karena di dalamnya terdapat ratusan bahkan ribuan lampu LED yang diatur sedemikian rupa agar dapat membentuk suatu kalimat atau tulisan secara berkala dan kontinue. Untuk dapat menguasai skill yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian LED semacam itu, kita harus tahu bagaimana cara membuat rangkaian LED secara sederhana dulu untuk lebih mengerti tentang bagaimana cara kerja rangkaian LED yang baik.

Cara Membuat Rangkaian Elektronika LED Sederhana

Rangkaian Elektronika LED sederhana memang tidak serumit rangkaian LED yang rumit, tetapi bagi pemula, rangkaian sederhana ini bisa menjadi suatu hal yang membingungkan karena masih asing terhadap apa – apa yang ada di dalamnya dan bagaimana cara kerjanya. Untuk membuat rangkaian LED kita harus menyediakan komponen – komponen elektronika seperti resistor 1 Kohm dan 220 Ohm secukupnya, lampu LED beberapa buah, variabel resistor 10 Kohm, Kapasitor tipe elco 100uF, IC 555 dan IC4017. Komponen – komponen itulah yang nanti akan disusun sedemikia rupa agar kita bisa mendapatkan suatu pola lampu yang rapi dan teratur.

Rangkaian elektronika LED sederhana

Rangkaian LED Sedehana

Rangkaian LED ini terdiri dari dua buah rangkaian yaitu rangkaian counter dan rankaian logika frekuensial. Rangkaian counter IC555 merupakan sumber utama clock yang akan mencacah IC4017 untuk menghasilkan sebuah rangkaian LED yang menyala bergantian dari yang paling awal hingga yang akhir demikian seterusnya. Rangkaian LED sederhana di atas bersifat Astable dan dikombinasikan dengan counter IC yang memiliki 10 output. Cara bekerjanya adalah arus listrik yang mengalir ke dalam rangkaian ini akan diantarkan oleh IC counter yang kemudian membaginya lewat IC4017 dengan konsentrasi waktu tertentu sehingga nantinya lampu LED yang terpasang akan menyala secara bergantian. Jika lampu rangkaian elektronika LED tidak menyala dengan benar, maka mungkin IC counternya atau IC4017 nya harus diperiksa ulang.