Rangkaian Elektronika Pengusir Nyamuk yang Berfungsi

Jika kita ingin membuat rangkaian elektronika pengusir nyamuk, kita bisa melihat beberapa penjelasan singkat yang ada di dalam artikel ini. Rangkaian pengusir nyamuk ini memang menjadi alat elektronik yang banyak digunakan untuk mengusir nyamuk yang menganggu. Nyamuk memang binatang yang sangat menganggu di dalam lingkungan kita karena nyamuk membuat tubuh kita bentol bentol dan badan kita akan terasa gatal. Oleh karena itu, ketika kita ingin mengganti obat nyamuk sebagai obat pengusir nyamuk, kita bisa menggunakan rangkaian pengusir nyamuk. Pada gambar di bawah, ada dua macam rangkaian yang bisa digunakan untuk rangkaian pengusir nyamuk yang mempunyai rangkaian yang sederhana dan juga mempunyai banyak rangkaian.

rangkaian pengusir nyamuk

rangkaian elektronika pengusir nyamuk

Rangkaian Elektronika Pengusir Nyamuk yang Bisa Digunakan di Dalam Rumah

Komponen rangkaian elektronika pengusir nyamuk terdiri atas R1 hingga R4. C1 hingga C 2. Tr1 dan Tr2, 10 KW. BC 547, 330 pF, 82 pF, 560 Kw. Rangkaian ini bisa kita nyalakan saat akan tidur sebagai pengganti obat anti nyamuk. Selain tidak memerlukan biaya yang mahal, rangkaian pengusir nyamuk ini bisa kita rakit sendiri dengan mudah. Rangkaian dasar dari pengusir nyamuk elektronik adalah rangkaian flip flop hanya frekuensinya saja yang harsu diatur. Rangkaian ini menggunakan flip flop dengan bentuk gelombang yang tidak simetri sehingga diperoleh frekuensi dasar sebesar 5 kHz dengan komponen harmoniknya yang bisa kita rangkai dengan mudah dengan biaya yang sangat murah.

Rangkaian ini mampu beroprasi dengan baik dalam modus monostable atau astabil namun juga membutuhkan sebuah kapasitor antara pin 2 dan pin 3 untuk melebarkan keluaran dalam modus monostable dan frekuensi output dalam modus astabil. Sementara frekuensi output pada siklus kerja 50 % di Q dan output Q ditentukan oleh waktu. Frekuensi tersebut memiliki dua kali lipat dari Q tersedia di Output Oscillator sehinnga siklus kerja 50 % tidak dijamin. Itulah beberapa macam rangkaian elektronika pengusir nyamuk yang bisa kita gunakan untuk mengusir nyamuk dan semoga bermanfaat.