Rangkaian Elektronika Sensor

Rangkaian Elektronika Sensor merupakan rangkaian tranduser yang dalam penggunaannya bisa digunakan untuk mengubah besaran pada beberapa hal seperti sinar dan juga cahaya, lalu mekanis hingga panas serta magnetis menjadi aliran listrik dan juga tegangan pada sebuah rangkaian elektronika. Rangkaian sensor endiri biasanya dipakai untuk melakukan pendeteksian ketika sedang melakukan pengukuran.

Ada berbagai macam jenis dari rangkaian elektronika sensor tersebut. rangkaian sensor tersebut adalah rangkaian sensor suhu, rangkaian sensor cahaya dan juga rangkaian sensor tekanan. Dengan semakin majunya teknologi pada masa sekarang ini, rangkaian sensor tersebut dibuat dan juga dirangkai dengan bentuk serta ukuran yang kecil dengan menggunakan nanometer. Tentu saja dari segi pemakaian, rangkaian sensor ini memiliki fungsi yang lebih mudah dan juga lebih irit di sektor pemakaiannya.

Contoh Gambar Rangkaian Elektronika Sensor

Rangkaian Elektronika Sensor

Rangkaian sensor cahaya
Fotovoltaic merupakan nama lain dari rangkaian sensor cahaya tersebut. Kinerja alat ini adalah dengan mengubah energi cahaya atau sinar yang terdeteksi secara langsung dan diubah menjadi energi listrik oleh rangkaian tersebut. Saat ini rangkaian tersebut memiliki sambungan PN dan juga lapisan P transparan.

Rangkaian Sensor Suhu
Jenis dari rangkaian sensor suhu terbagi menjadi 4 tipe, yaitu :

  1. Thermocouple ini merupakan pasangan yang akan menghantarkan aliran yang berbeda dimana akan dilebur secara bersamaan di 1 sisi
  2. Detektor Suhu Tekanan memiliki konsep yang berupa tahanan listrik yang berasal dari logam dimana memiliki variasi yang sebanding dgn suhu. Biasanya menggunakan bahan yg reproduksi, stabil, dan juga linear.
  3. Thermistor sendiri sebuah resistor yg sangat peka terhadap suhu panas
  4. Sensor Suhu Rangkaian yang biasanya digunakan adalah IC Chip silikon yang biasanya memiliki konfigurasi arus dan tegangan.

Rangkaian Sensor Tekanan
Rangkaian sensor tekanan ini memiliki cara kerja dimana sensor tekanan akan dengan mudah mengubah sebuah tegangan mekanis menjadi signal listrik melalui rangkaian sensor tekanan tersebut. jika terjadi berkurangnya tegangan, biasanya berdasarkan kepada prinsip kerja yang merupakan penghantar panjang dan juga luas dari penampang tersebut.

Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian elektronika sensor, semoga rangkaian kali ini dapat berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply