Rangkaian Hambatan

Rangkaian hambatan biasanya dibagi menjadi beberapa jenis atau tipe. Rangkaian hambatan seri, rangkaian hambatan paralel, dan juga tidak jarang kedua rangkaian tersebut digabung menjadi satu, bisa ditemukan di beberapa perangkat elektronik. Dan untuk membuat rangkaian hambatan tersebut baik seri ataupun paralel, dibutuhkan minimal 2 hambatan untuk mewujudkan rangkaian tersebut. Sementara jika ingin mengabungkan kedua hambatan ini yaiutu seri dan juga paralel, minimal tiga hambatan dibutuhkan untuk merangkainy. Dan pastinya setiap jenis dar rangkaian tersebut memiliki keunggulan dan juga kelemahannya. Pastinya kegunaan hambatan ini disesuaikan dengan kebutuhan.

Hambatan yang disusun dengan cara berurutan atau berjejer disebut hambatan seri. Biasanya hambatan ini memiliki bentuk susunan yang tidak bercabang. Dan besaran kuat arus yang mengalir pada hambatan tersebut sama besarnya. Rangkaian hambatan seri ini memiliki tujuan atau fungsi untuk memperbesar nilai hambatan listrik. Dan fungsi lainnya adalah untuk membagi beda potensial pada sumber tegangan yang masuk. Biasanya disimbolkan dengan Rs.

Rangkaian Hambatan

Pada gambar diatas ditemukan rumus atau penyelesaian hitungan yaitu Tegangan sebesar V dibagikan ke tiga hambatan masing-masing V1, V2, dan V3, sehingga berlaku:

V = V1 + V2 + V3

Dan menurut Hukum I Kirchoff berlaku:

I = I1 = I2 = I3

Sementara jika beberapa hambatan (minimal 2 buah) disusun atau dirangkai secara berdampingan, maka hambatan tersebut disebut hambaran paralel. Hambatan ini tentu akan memiliki susunan rangkaian listrik yang bercabang. Dan di dalam rangakain tersebut terdapat lebi dari satu jalur aliran listrik. Dan biasanya rangkaian paralel memiliki simbol Rp.

Parallel-Circuit

Pada gambar skema diatas maka ditemukan rumus perhitungan untuk rangkaian paralel adalah :

I1 = V/R1 I2 = V/R2 I3 = V/R3

Dan besaran beda potensial pada seluruh hambatan adalah sama, sehingga hitungan berlaku:

V = V1 = V2 = V3

Sementara Besar kuat arus I dihitung dengan rumus:

I = V/Rp

rumus hambatan pengganti paralel:

1/Rp = 1/R1 + 1/R2 + 1/R3

Leave a Reply