Rangkaian IC 555

Rangkaian IC 555 ini sangat banyak ditemukan di beberapa rangkaian elektronik. Dan dengan mudah pula anda bisa menemukan komponen yang satu ini di beberapa toko elektronik tersebut. Dan Rangkaian IC 555 ini biasa digunakan untuk komponen utama pengatur waktu atau timer dan juga komponen pulsa generator atau biasa disebut pembangkit pulsa. Dan biasanya pula komponen atau Rangkaian IC 555 ini juga bisa ditemukan di sejumlah perangkat analog dan juga digital. Ada beberapa alasan mengapa rangkaian IC 555 menjadi salah satu komponen yang dicari. Alasannya adalah :

Memiliki harga yang murah
Stabil
Mudah untuk dirangkai

IC 555 ini mulai diperkenalkan ke dunia elektronika pada tahun 1971. Signetics yang memperkenalkan IC 555 yang saat itu memiliki nama SE 555 aatu NE 555 ke dunia elektronik. Dan nama IC 555 saat ini sering digunakan dibanding nama asli dari rangkaian ini. IC 555 ini memiliki julukan IC Time Machine. Mengapa kode 555 ada di belakang nama IC ? pada komponen IC ini, terdapat 3 buah resistor yang memiliki besaran 5 kilo Ohm pada masing-masing resistor. Dan komponen IC 555 ini terbentuk dari beberapa komponen seperti 1 buah flip flop bistable, 3 resistor pembagi tegangan, 1 transistor pembuangan dan 2 komparator tegangan.

Rangkaian IC 555

Semakin berkembangnya teknologi, tentu saja membuat komponen IC 555 ini juga mengalami perkembangan. Dan saat ini pula rangkaian IC 555 juga biasa digunakan di rangkaian counter. Sebelum memasang IC 555 ini, ada baiknya untuk mengujinya terlebih dahulu. Ada beberapa peralatan dan juga rangkaian penguji yang bisa anda temukan di toko elektronik atau pun anda kreasikan sendiri. Meskipun sebenarnya pengujian ini tidak begitu akurat. Untuk membuktikan apakah IC 555 berjalan baik dan tidak bisa dilihat dengan melihat lampu atau LED dari alat penguji tersebut. Jika lampu penanda menyala, maka IC 555 dalam keadaan rusak. Sementara jika lampu mati, maka IC 555 dalam keadaan baik.

Leave a Reply