Rangkaian Induktor

Rangkaian Induktor merupakan suatu rangkaian untuk melawan flutuasi arus yang melewatinya yang cara kerjanya berdasarkan induksi magnet. Induktor juga biasa disebut dengan spul yang dibuat dari bahan kawat beremail tipis. Induktor atau kumparan merupakan salah satu komponen pasif elektronika yang dapat menghasilkan medan magnet apabila di aliri oleh arus listrik, dan sebaliknya dapat mengasilkan listrik apabila ia diberi medan magnet. Pada umumnya, induktor dibuat dengan bahan kawat penghantar tembaga yang dibentuk menjadi lilitan atau kumparan. Untuk satuan induktansinya disebut dengan h = henry, mh = mili henry, uh = mikro henry, nh = nano henry, dengan notasi penulisan huruf I.

Gambar Skema Rangkaian Induktor

Rangkaian Induktor

Dilihat dari berbagai fungsi dari induktor, terdapat bermacam-macam jenis induktor antara laian , induktor dengan inti isolator lalu induktor dengan inti udara kemudian induktor dengan perubahan inti, dan induktor dengan inti besi. Untuk induktor dengan bahan inti besi disebut juga dengan elektromagnet. Selain itu, pada rangkaian induktor ini memiliki sifat menahan arus AC (bolak-balik) dan konduktif terhadap arus DC (searah). Dari keempat fungsi tersebut, terdapat dua macam rangkaian induktor, yaitu rangkaian seri dengan rumus Lt = L1 + L2 + L3, dan rangkaian paralel dengan rumus 1/Lt = 1/L1 + 1/L2 + 1/L3. Selain memiliki sifat-sifat khusus, induktor juga memiliki sifat-sifat tersendiri, diantaranya pertama induktor memiliki sifat dapat menyimpan energi dalam bentuk medan magnet.

Kedua, apabila konduktor dipasang pada arus DC/konstan, maka tegangan sama dengan nol (0), sehingga induktor bertindak sebagai short circuit/ rangkaian singkat. Pada saat kita megalirkan arus listrik, maka terjadilah garis-garis gaya magnet. Dan apabila kita mengalirkan arus listrik melalui coil (kumparan) atau spul yang dibuat dari kabel yang digulung, maka akan terjadi garis-garis gaya dalam arah yang sama membangkitkan medan magnet. Kekuatan pada medan magnet sama dengan jumlah garis gaya magnet dan berbanding lurus dengan hasil kali dari jumlah gulungan pada kumparan dan arus listrik yang melalui kumparan tersebut. Demikian sedikit info mengenai rangkaian induktor kali ini, semoga bermanfaat. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Termometer Digital, Rangkaian Soft Start, Rangkaian Lampu Mobil dan Konsep Rangkaian Listrik.

No Responses

  1. Pingback: Rangkaian KWH Meter | Rangkaian Elektronika January 21, 2014
  2. Pingback: PENGUAT TEGANGAN – irsyad_elektro November 22, 2016

Leave a Reply