Rangkaian Kapasitor Bank

Rangkaian Kapasitor Bank atau yang memiliki nama lain CapBank adalah kumpulan dari beberapa komponen kapasitor yang bertugas untuk menyimpan arus sementara. Kapasitor bank di dalam dunia otomotif biasanya digunakan untuk audio yang memang di fungsikan untuk ketangguh dalam membuat suara bass atau juga nada rendah lebih terasa. Sementara di dunia motor sendiri CAPBANK ini digunakan untuk mencegah aki cepat tekor. Sementara untuk fungsi sendiri kapasitor bank untuk melakukan perrataan arus DC di aki motor tersebut. Dan kapasitor bank ini tentu bisa mendongkrak beban yang akan mampu menyedot arus yang sangat besar sehingga dibutuhkan kapasitor bank.

Ada cara yang lebih mudah dan juga murah utnuk membuat rangkaian kapasitor bank yang bisa anda buat sendiri. Biasanya kapasitor bank tersebut menggunakan komponen seperti ELCO 10.000uF / 25V 10 pcs, dan juga PCB bolong, serta kabel minim awg 18 2 warna yaitu warna merah dan juga hitam dengan panjang 50cm dan terakhir skun. Pasang secara pararel semua ELCO tersebut dengan menempatkan kutub positif dengan positif serta kutub negatif dengan negatif di pcb. Jangan lupa untuk menyoldernya dengan rapi. Dan dengan cara ini anda sudah bisa membuat rangkaian kapasitro bank anda sendiri.

Gambar Skema Rangkaian Kapasitor Bank

Rangkaian Kapasitor Bank

Dan rangkaian kapasitor bank tersebut seperti yang sudah disebutkan memiliki fungsi untuk menghemat aki agar tidak boros dalam mengeluarkan tegangan yang diperlukan secara tiba-tiba seperti elektrik starter. Sementara untuk kegunaan lain dari rangkaian ini adalah utnuk menyimpan muatan listrik dan juga mengeluarkan di saat dibutuhkan. Kegunaan ini sendiri memiliki fungsi sebagai penyearah dioda. Setelah di searahkan oleh dioda, tegangan yang muncul adalah tegangan DC atau direct current namun belum sempurna. Dan di sinilah fungsi utama kapasitor akan mengurangi beda tegangan yang paling tinggi dengan tegangan yang paling rendah. Sistem kerjanya adalah ketika tegangan sedang tinggi, rangkaian ini akan menyimpan arus. Sementara ketika tegangan rendah, maka ia akan mengeluarkan arus. Dan demikian rangkaian kapasitor bank yang bisa anda gunakan.

Leave a Reply