Rangkaian Kiprok Motor

Rangkaian Kiprok Motor merupakan rangkaian yang memiliki fungsi untuk menyalurkan tegangan dan juga penyearah arus dari sumber arus AC atau juga arus bolak balik ke arus DC atau arus searah di kendaraan bermotor. Aki menjadi komponen atau rangkaian yang berfungsi guna menjaga kestabilan rangkaian kiprok kendaraan bermotor. Fungsi dari Kiprok sendiri digunakan untuk mengatur dan juga menjaga kestabilan arus listrik yang akan menyalakan dari rangkaian sistem perapian kendaraan bermotor. Biasanya letak dari kiprok berada di bagian bawah dari tangki bensin atau juga di rangka motor.

Seringkali kegunaan kiprok tidak dipakai. Biasanya juga akan dilepas dari rangka mesin kendaraan tersebut. Hal ini konon bisa memberikan efek respon dari tarikan mesin yang lebih cepat. Namun and ajuga bisa melakukan modifikasi dari rangkaian kiprok tersebut yang sesuai dengan kebutuhan. Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk melakukan modifikasi tersebut yang tentunya harus disertai dengan pengetahuan mengenai rangkaian dari kiprok tersebut. Fungsi dari rangkaian kiprok tersebut adalah :

– Kabel yang berwarna hitam akan bertugas sebagai masa.
– Kabel yang berwarna merah digunakan untuk klakson dan lampu sen.
– Kabel yang berwarna putih untuk melakukan pengisian dari aki.
– Kabel yang berwarna kuning dengan menggunakan strip merah untuk menstabilkan arus ke rangkaian pengapian.

Rangkaian Kiprok Motor

Contoh Gambar Rangkaian Kiprok Motor

Untuk melakukan modifikasi, cukup memutuskan kabel kuning dengan strip merah pada rangkaian kiprok motor jika anda ingin mencari tenaga yang cukup besar dari tarikan mesin. Sementara untuk membuat lampu motor anda menjadi lebih terang, anda bisa memodifikasi kabel berwarna putih dan juga dengan mengganti lampu motor anda dengan lampu dengan watt yang tinggi. Di kiprok ini bisa juga dipasang saklar aktif guna mengaktifkan fungsi dari pengisian aki. Disarankan untuk memasang lampu halogen 50 watt yang membuat sinar lampu bisa menyala lebih terang. Rangkaian kiprok motor ini bisa dipraktekkan sendiri untuk memodifikasi rangkaian tersebut.

Demikian penjelasan singkat mengenai Rangkaian Kiprok Motor, semoga rangkaian ini nantinya dapat berguna dan bermanfaat. Baca juga artikel rangkaian lainnya, Seperti Rangkaian CDI Mobil, Rangkaian Voltmeter Digital, Fungsi Resistor dan Rangkaian LDR Sederhana.

No Responses

  1. Pingback: Rangkaian Mesin Cuci | Rangkaian Elektronika December 27, 2013

Leave a Reply