Rangkaian Kiprok

Rangkaian Kiprok adalah rangkaian yang berfungsi untuk melakukan penyearah arus dari arus AC atau arus bolak balik ke arus DC atau searah. Dan aki menjadi salah satu instrumen utnuk menjaga kestabilan dari rangkaian di kiprok serta motor. Fungsi lain dari Kiprok adalah untuk mengatur dan menjaga kestabilan aliran arus listrik yang akan dikirim ke sistem perapian dari motor tersebut. Posisi kiprok sendiri ada di bagian bawah dari tangki bensin dan juga dipasang rangka motor.

Seringkali fungsi rangkaian kiprok tidak digunakan dikarenakan sudah dihilangkan atau dilepas dari rangka dari mesin tersebut. Dan tentunya akan memberikan efek cepatnya respon tarikan mesin. Namun ada kalanya kita juga bisa memodifikasi kiprok sesuai dengan kebutuhan. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memodifikasi tersebut tentu saja harus dibarengi dengan pengetahuan mengenai kabel-kabel dari kiprok tersebut. Adapun fungsinya adalah :

  • Kabel hitam befungsi sebagai masa.
  • Kabel merah sebagai klakson, lampu sen.
  • Kabel putih untuk melakukan charging aki.
  • Kabel kuning dengan strip merah untuk menstabilkan arus ke pengapian.

Rangkaian Kiprok

Cukup memutuskan kabel kuning strip merah pada kiprok jika ingin mendapatkan tenaga dari tarikan mesin. Efeknya tentu saja tarikan akan lebih terasa. Untuk membuat lampu depan motor anda lebih terang, kabel putih bisa dimodifikasi atau dilepas dengan mengganti lampu pada motor dengan lampu yang memiliki watt lebih besar. Agar sinarnya menyala terang jika tarikan mesin lebih besar. Bisa juga dipasang saklar aktif untuk mengaktifkan dan juga menon aktifkan fungsi dari charging aki ketika anda ingin menggukan fungsi tersebut. Pasalnya fungsi kabel putih tersebut memang memakan arus yang besar. Tentu saja and abisa memodikasi di stang atau handle motor anda. Gunakanlah bohlam dengan halogen 50 watt lebih. Pasalnya sinar lampu bisa lebih menyala terang dan bersinar lebih maksimal. Anda bisa praktekkan sendiri di rumah untuk melakukan modifikasi dari kiprok tersebut. Tentunya informasi ini bisa membantu anda untuk memudahkan proses modifikasi ini. Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian kiprok, semoga rangkaian kali ini dapat bermanfaat…

Leave a Reply